6 Minuman Kesehatan Antioksidan untuk Menangkal Radikal Bebas

 

Untuk menerapkan budaya hidup sehat, tentunya anda akan membutuhkan antioksidan dan yang dicari dari makanan. Hal ini dikarenakan, antioksidan sering dihubungkan dengan pelindung tubuh, menangkal radikal bebas, dan dapat mengurangi stress oksidatif penyebab penyakit. Nutrisi ini dapat dengan mudah konsumsi melalui minuman antioksidan. Lalu apa saja pilihan minuman yang kaya antioksidan? Berikut beberapa minuman yang mengandung antioksidan.

Minuman Penangkal Radikal Bebas

1. Teh Hijau


Teh hijau dianggap sebagai minuman paling sehat di dunia. Minuman ini terbuat dari daun tanaman Camellia sinensis yang kaya akan antioksidan, sehingga menjadi minuman antioksidan yang bisa anda konsumsi rutin setiap hari.

Teh hijau sangat kaya akan senyawa antioksidan yang disebut  epigalokatekin galat (EGCG). EGCG adalah senyawa yang dominan yang ditemukan dalam teh hijau dan membuat minuman antioksidan ini sangat sehat.

2. Matcha


Teh matcha juga merupakan minuman antioksidan yang memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh. Tidak seperti teh hijau, matcha dibuat dari seluruh daun tanaman Camellia sinensis, yang memberikan konsentrasi antioksidan yang lebih tinggi.

Dengan meminum teh matcha ini bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat, daya fokus, dan waktu reaksi. Ekstrak matcha juga dapat membantu mencegah kerusakan hati dan mengurangi pertumbuhan sel kanker.

3. Jus Buah Delima


Jus delima mungkin bukanlah jus yang biasa anda konsumsi, tetapi jus ini merupakan salah satu minuman antioksidan terbaik. Jus delima memiliki kandungan antioksidan sangat tinggi, lebih tinggi dari teh hijau dan matcha.

Jus delima dapat mengurangi peradangan dan menurunkan tekanan darah secara signifikan. Minuman antioksidan ini juga membantu mencegah pembentukan trombosit lemak di pembuluh darah.

4. Jus Bit


Bit adalah sayuran akar yang sering dianggap buah karena warnanya yang cerah. Banyak orang mengkonsumsi jus bit sebagai minuman antioksidan karena buah ini sebenarnya tinggi senyawa yang mengendalikan radikal bebas.

Bit mengandung senyawa fenolik yang disebut betalains. Betalain adalah antioksidan dan pigmen yang memberi warna cerah pada bit. Bit juga dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan jantung, dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

5. Teh dandelion


Teh dandelion adalah minuman antioksidan yang dibuat dengan merebus akar dan daun dandelion. Tanaman dengan bunga yang indah ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk sifat anti-inflamasinya. Dandelion juga membantu menurunkan kolesterol dan mencegah stres oksidatif berkat sifat antioksidannya.

Mengkonsumsi teh dandelion sebagai minuman antioksidan adalah cara sederhana dan unik untuk menggantikan teh atau kopi.

6. Jus Tomat


Jika anda ingin membuat minuman antioksidan yang super mudah ditemukan, jus tomat adalah salah satunya. Buah tomat mengandung senyawa yang disebut dengan Lycopene. Lycopene adalah pigmen karotenoid yang memberi warna merah pada buah ini. Lycopene merupakan antioksidan kuat karena membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Jus tomat sebagai minuman antioksidan juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin C dan betakaroten. Keduanya merupakan antioksidan dan juga memiliki efek anti radang bagi kesehatan tubuh.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Minuman Sehat yang dapat Melancarkan Aliran Darah

Manfaaat Jus Delima dan Cara Membuatnya

Menyehatkan, Ini Cara Membuat Jamu Kunyit Asam