10 Manfaat Jus Anggur Bagi Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu Diketahui!

 

Manfaat Jus Anggur Bagi Kesehatan dan Kecantikan (Foto: Istockphoto/@NikolayDonetsk)

Jus Anggur adalah minuman kesehatan yang terkenal dengan warnya yang cerah dan rasa yang manis dan sedikit asam. Banyak orang menganggap sebagai alternatif sehat  untuk minuman manis, seperti soda. 

Banyak orang menganggap buah ini sebagai alternatif sehat untuk minuman manis, seperti soda. Namun faktanya, menurut Pedoman Diet untuk Amerika terbaru, jus buah 100 persen dapat di nikmati sebagai bagian dari diet seimbang.

Kandungan antioksidan polifenol dalam buah yang telah ditanam sejak 6.000-8.000 tahun yang lalu memberikan perlindungan bagi tubuh dari penyakit dan kerusakan yang disebabkan oleh faktor lingkungan. Selain itu, senyawa ini juga membantu melawan radikal bebas. Anggur termasuk dalam buah dengan protein tinggi yang baik untuk kekebalan tubuh. 

Nah, dalam artikel ini penulis akan membahas tentang manfaat jus anggur bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan Tubuh yang Beragam

Buah anggur bukan hanya lezat, tetapi juga memberikan berbagai manfaat kesehatan yang dapat Anda nikmati. Berikut adalah sejumlah manfaat buah anggur bagi kesehatan, antara lain:

1. Meringankan Gejala Alergi

Buah anggur dapat membantu meredakan gejala alergi seperti pilek, gatal-gatal, dan mata berair. Efek antiinflamasi dan kandungan quercetin-nya dapat memberikan kenyamanan saat mengalami alergi.

2. Menyehatkan Jantung

Kandungan polifenol dalam anggur diyakini efektif mencegah penyakit kardiovaskular, melawan radikal bebas, dan mendukung kesehatan endotel. Nutrisi ini juga melindungi jantung dari kerusakan akibat kolesterol jahat.

3. Mencegah Sembelit

Tingginya kandungan serat dan air dalam buah anggur dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kelancaran buang air besar.

4. Memperlambat Pertumbuhan Sel Kanker

Anggur, dengan kandungan antioksidan tinggi, diyakini dapat mencegah dan melawan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Beberapa jenis kanker, seperti paru-paru, esofagus, mulut, dan lainnya, dapat dicegah dengan mengonsumsi anggur secara rutin.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan flavonoid dalam anggur telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga stabilitas tekanan darah, dan meningkatkan peredaran darah.

6. Mengurangi Tanda Penuaan

Vitamin C dalam anggur membantu mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit, seperti kerutan, garis-garis halus, dan bintik-bintik hitam. Antioksidan dalam anggur melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit.

7. Menghilangkan Bekas Jerawat

Anggur hijau, yang kaya akan vitamin C, meningkatkan produksi kolagen yang mendukung pertumbuhan sel baru. Konsumsi rutin dapat membantu menghilangkan bekas jerawat secara bertahap.

8. Mencegah Rambut Rontok

Kandungan vitamin E dan asam linoleat dalam anggur dapat mencegah kerontokan rambut. Penggunaan minyak biji anggur secara teratur juga dapat memberikan kekuatan dan kesehatan pada rambut.

9. Mencegah Katarak

Antioksidan lutein dan zeaxanthin dalam anggur menjaga kesehatan mata, mengurangi stres oksidatif, dan mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula terkait usia.

10. Meningkatkan Daya Ingat

Resveratrol dalam anggur membantu melambatkan pemecahan sel yang terjadi seiring bertambahnya usia, menjaga otak dari pembentukan plak berbahaya. Konsumsi anggur juga dapat meningkatkan daya ingat, terutama pada orang dewasa muda.

Dengan manfaat yang beragam, menyertakan anggur dalam pola makan sehari-hari dapat menjadi keputusan yang cerdas untuk mendukung kesehatan tubuh Anda.

Posting Komentar

0 Komentar