Selain Air Kelapa, Ini Minuman yang Efektif Menurunkan Demam

Jika demam, maka kondisi tubuh akan merasa tidak nyaman dan sulit untuk melakukan berbagai aktivitas. Demam juga bisa menyebabkan seseorang sulit untuk tidur dan makan. Padahal, jika seseorang sudah terkena demam, maka harus segera istirahat yang berkualitas dan melengkapi asupan nutrisi.

Ngomong-ngomong asupan nutrisi, ada beberapa minuman yang dipercaya dapat membantu tubuh meredakan demam dan menghilangkan rasa tidak nyaman yang ditimbulkan.

Penasaran apa saja, berikut adalah minuman untuk mengatasi demam:

1. Teh herbal

Jika kamu terkena demam, sangat penting untuk tubuh agar tetap terhidrasi. Teh herbal diketahui tidak hanya mampu menghidrasi, tapi juga akan memberikan sensasi tenang dan nyaman.

Daun teh yang kaya akan tumbuhan alami, seperti polifenol, flavonoid, dan katekin yang merangsang sistem kekebalan tubuh.

Senyawa katekin, apalagi yang mampu melindungi tubuh dari serangan beberapa jenis virus influenza.

2. Air jahe

Minuman yang juga dipercaya mampu meredakan demam selanjutnya adalah air jahe atau teh jahe. Jahe memiliki kandungan antiinflamasi non steroid yang tak hanya bisa mengurangi peradangan, namun juga menurunkan demam yang diakibatkan karena adanya infeksi pada tubuh.

Selain itu, jahe juga mengandung antioksidan, antimikroba, dan anti kanker yang sangat bagus dikonsumsi oleh tubuh.

3. Air madu

Selain mampu meningkatkan nafsu makan saat sedang sakit, air madu juga dipercaya menjadi minuman penurun demam. Madu mengandung efek antibakteri, sehingga bisa mambunuh bakteri atau virus yang menyebabkan demam pada tubuh.

Dalam satu gelas air madu juga terdapat kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Adapun cara membuatnya yakni dengan mencampurkan dua sendok makan madu murni ke dalam segelas air hangat, lalu aduk hingga madu tadi menyatu dengan air. Minumlah air madu ini sebanyak 2-3 sehari untuk meredakan demam.

4. Air lemon

Selain air madu, ada air lemon juga termasuk dalam daftar minuman penurun demam alami.

Air mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kadar darah putih, dan melawan radikal bebas.

Peras setengah lemon dan campurkan ke dalam segelas air hangat. Jika kamu kurang suka rasa asamnya, tambahkan saja madu sebanyak satu sendok teh dan aduk hingga tercampur rata

kamu bisa meminumnya di pagi dan malam hari.

5. Susu

Selanjutnya ada susu yang juga menjadi minuman penurun demam alami.

Susu adalah minuman yang sangat kaya akan nutrisi seperti protein, asam amino essensial, antioksidan, dan lain sebagainya.

Kandungan nutrisi yang tinggi mampu membantu mencegah peradangan dan mempercepat pemulihan tubuh setelah terserang penyakit. kamu bisa mengonsumsinya dua gelas per hari untuk meredakan demam.

Selain susu, yoghurt yang menjadi produk turunan susu juga bagus dikonsumsi sebagai minuman penurun demam.

Nah, itulah daftar minum yang mampu meredakan demam. Semoga rekomendasi minuman di atas bisa membantu, ya.sembari membaca artikel diatas kamu juga bisa membaca profil tentang Kenny Austin. Selamat mencoba!

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar