Ide Minuman Sehat yang Cocok Disajikan Saat Lebaran

 



Dari infused water hingga es buah, ada berbagai minuman sehat yang bisa disajikan saat lebaran. Minuman ini tidak hanya menyegarkan dan membuat suasana lebaran semakin meriah, tetapi juga mengandung banyak nutrisi yang dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan.

Lebaran identik dengan makanan santan yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi jika dikonsumsi berlebihan. Oleh karena itu, perlu menjaga kondisi fisik yang baik selama paruh kedua lebaran dengan menjaga keseimbangan dengan minum minuman sehat. Seperti yang dilakukan aktris Kenny Austin.

4 Ide Minuman Sehat Saat Lebaran

Berikut ini adalah beberapa pilihan minuman sehat yang sehat dan bisa anda sajikan saat lebaran.

1. Infused Water


Manfaat kesehatan dari air putih tidak diragukan lagi. Tidak hanya bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi, minum air putih yang cukup saat lebaran juga membantu meningkatkan stamina agar tidak merasa lelah dan menikmati setiap momen lebaran bersama keluarga.

Namun, jika bosan dengan rasanya, anda juga bisa membuat infused water dengan menambahkan irisan lemon, mentimun, jeruk, stroberi, atau beberapa daun mint untuk rasa yang lebih segar.

2. Jus Buah dan smoothies


Apel dan jeruk merupakan buah yang bisa dijadikan jus dan smoothies saat lebaran. Buah-buahan ini tidak hanya rasanya yang menyegarkan, tetapi dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Apel mengandung pektin yang dapat meningkatkan produksi air liur. Meningkatkan produksi air liur akan membantu menjaga kebersihan mulut dan membantu mengatasi bau mulut akibat makan santan dan makanan tinggi lemak.

Di sisi lain, jeruk mengandung banyak kalium. Kalium digunakan untuk menstabilkan tekanan darah. Makanan asin, berlemak, dan tinggi kolesterol yang biasa disajikan saat Lebaran bisa meningkatkan tekanan darah.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari jus dan smoothie ini, kami sarankan untuk membuatnya di rumah tanpa tambahan gula atau susu kental manis.

3. Air Kelapa


Air kelapa itu mengandung kalori yang rendah, bebas lemak, dan bebas kolesterol, sehingga semua orang bisa meminumnya. Selain itu, air kelapa juga mengandung banyak elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti kalium, magnesium, dan natrium.

Menawarkan air kelapa saat lebaran menawarkan berbagai manfaat kesehatan, di antaranya menghidrasi tubuh, meningkatkan stamina, dan melindungi tubuh dari radikal bebas seperti asap rokok.

4. Es Buah


Es buah adalah minuman sehat yang cocok untuk momen lebaran. Namun, untuk membuat es buah yang sehat hanya  menggunakan buah segar yang sudah dicuci bersih.

Hindari menggunakan gula atau susu kental manis dalam es buah anda. Sebagai alternatif, anda dapat menambahkan madu jika anda mau. anda juga bisa menambahkan cincau, air kelapa, atau yogurt agar es buah buatan anda lebih bergizi dan terasa lebih segar. 

Membuat minuman sehat untuk membumbui momen Lebaran anda sebenarnya tidak sulit. Namun, jika anda menderita kondisi medis tertentu, seperti diabetes, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi minuman tersebut.


Posting Komentar

0 Komentar