5 Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung


Minuman yang harus dihindari bagi penderita asam lambung sangat penting untuk diketahui guna menghindari kekambuhan atau memperparah penyakit.

Penyakit asam lambung atau refluks asam lambung merupakan kondisi di mana asam lambung naik dari lambung ke esofagus atau kerongkongan.

Refluks asam lambung pada umumnya bisa terjadi ketika otot di bagian bawah kerongkongan (sfingter esofagus bagian bawah) yang bertindak sebagai pintu gerbang ke lambung menjadi lemah atau kendur.

Pada kondisi normal, sfingter esofagus bagian bawah bisa kembali tertutup setelah dilewati makanan. Namun, saat ada masalah, kinerja katup ini bisa terganggu sehingga tidak tertutup secara sempurna atau kadang terbuka.

Nah, saat oto sfingter esofagus bagian bawah ini lemah atau tidak mengencang dengan baik, maka asam yang diproduksi di lambung bisa naik ke kerongkongan.

Jika refluks asam lambung sering terjadi, setidaknya lebih dari dua kali seminggu atau sudah menyebabkan peradangan di esofagus, kondisi ini bisa disebut sebagai gastriesophageal reflux disease (GERD).

Kamu yang memiliki penyakit asam lambung, jangan sampai salah memilih minuman karena hal tersebut bisa menyebabkan kekambuhan gejala asam lambung atau bahkan memperparah penyakit.

Gejala asam lambung memang sangat dipengaruhi oleh apa saja yang kamu konsumsi. Adapun gejala asam lambung yang bisa muncul di antaranya yakni:

  • Batuk kering
  • Heartburn (rasa terbakar di dada)
  • Mual
  • Suara serak
  • Sering bersendawa
  • Sakit tenggorokan
  • Regurgitasi atau merasa seperti isi perut kembali ke tenggorokan

Penasaran apa saja pantangan bagi penderitaasam lambung? Yuk simak kunci jawaban di bawah ini.

1. Jus Jeruk

Jus jeruk secara alami sangat asam sehingga dapat memperburuk refluks asam lambung.

Berbagai bentuk jus jeruk yang perlu kamu hindari jika memiliki penyakit asam lambung di antaranya yakni:

  • Jus lemon
  • Jus jeruk tangarine
  • Jus atau sari jeruk nipis
  • Jus grapefruit

Asam sifat yang secara alami terkandung di dalam buah jeruk dapat mengiritasi kerongkongan.

Sementera lambung dibuat untuk menahan makanan yang lebih asam, asofagus tidak.

Saat kamu membeli jus, sebaiknya periksa dahulu dan hindari asam sitrat. Terkadang digunakan sebagai penyedap rasa.

2. Kopi

Mengonsumsi kopi saat pagi hari menjadi kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang. Namun, jika kamu memiliki penyakit asam lambung, sebaiknya menghindari kebiasaan ini, ya.

Pasalnya, kopi dapat merangsang sekresi asam lambung berlebih yang mungkin naik ke kerongkongan, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Hal ini disebut mampu memungkinkan munculnya berbagai ketidaknyamanan sebagai gejala asam lambung.

Penting untuk diketahui, minuman berkafein lainnya, bak soda atau teh juga memiliki efek serupa dan harus dihindari sebisa mungkin.

3. Alkohol

Alkohol bisa memengaruhi refluks asam lambung secara negatif.

Alkohol dapat melemahkan sfingter esofagus bagian bawah dan meningkatkan produksi asam lambung yang semunya tidak menguntungkan bagi penderita asam lambung

Dengan mengonsumsi alkohol secara berlebihan, dapat menjadi faktor risiko pengembangan GERD, dan dapat menyebabkan kerusakan mukosa di lambung maupun kerongkongan.

4. Minuman berkarbonasi

Gelembung yang ada di dalam minuman berkarbonasi dapat mengembang di perut. Reaksi tersebut bisa memberi tekanan pada sfingter dan dapat mendorong asam lambung dan isinya kembali naik ke kerongkongan.

5. Cokelat

Cokelat mengandung kafein dan kakao, di mana keduanya mampu meningkatkan gejala refluks asam lambung. oleh karenanya, mengonsumsi cokelat panas atau susu cokelat panas mampu bertindak sebagai pemicu asam lambung.

Demikian penjelasan mengenai beberapa minuman yang harus dihindari bagi penderita asam lambung. Sebisa mungkin coba hindari pantangan di atas agar penyakit asam lambung yang kamu idap secepatnya sembuh, ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Minuman Sehat yang dapat Melancarkan Aliran Darah

Manfaaat Jus Delima dan Cara Membuatnya

Menyehatkan, Ini Cara Membuat Jamu Kunyit Asam