5 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Hingga Kecantikan


Jus tomat merupakan salah satu minuman yang diyakini mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh seperti vitamin, mineral, dan antioksidan tinggi.

Buah tomat sangat kaya akan likopen, yakni antioksidan kuat yang bermanfaat bagi kesehatan. Tentunya, ada juga manfaat jus tomat yang bisa kamu rasakan.

Nah, apa saja manfaat jus tomat untuk kesehatan? Penasaran? Yuk simak ulasan berikut!

1. Sumber Antioksidan Tinggi

Salah satu manfaat jus tomat adalah sebagai sumber antioksidan yang baik karena mengandung likopen. Likopen sendiri berfungsi melindungi sel tubuh dari paparan radikal bebas, sehingga mampu mengurangi peradangan di dalam tubuh.

beberapa peneliti menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi jus tomat yang kaya akan likopen memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan, khususnya mengurangi inflamasi.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat jus tomat yang lainnya adalah baik untuk kesehatan jantung. Sudah sejak lama buah berawrna merah ini dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung akibat tingginya kadar antioksidan seperti likopen dan beta karoten.

Kedua senyawa tersebut diketahui bisa membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan penumpukan lemak di arteri (aterosklerosis).

3. Melindungi dari Risiko Beberapa Jenis Kanker

Mengurangi faktor risiko terkena beberapa jenis kanker merupakan manfaat jus tomat lainnya. Tingginya kandungan nutrisi dan antioksidan yang ada dalamnya, membuat jus tomat terbukti memiliki efek antikanker dalam beberapa penelitian.

Setidaknya sudah ada 24 penelitian terkait konsumsi tomat yang menunjukkan adanya penurunan risiko kanker prostat secara signifikan.

Meski begitu, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami bagaimana tomat dan produk seperti jus tomat dapat memengaruhi perkembangan kanker pada manusia, termasuk menjadi salah satu manfaat jus tomat.

4. Bantu Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat jus tomat diyakini berdampak positif pada kesehatan kulit. Olahan makanan berbahan tomat seperti jus tetap mengandung likopen tinggi yang berguna untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

Hasil pengamatan selama 10 minggu yang dilakukan Journal of Nutrition menunjukkan, seseorang yang mengonsumsi sekitar 40 gram pasta tomat dan minyak zaitun dengan kandungan likopen 16 mg mengalami 40 persen penurunan luka terbakar akibat matahari. Hal ini tak lepas dari manfaat likopen dalam tomat.

Umumnya, semakin merah tomat maka semakin banyak kandungan likopen di dalamnya. Jumlah likopen dalam produk tomat olahan seringkali jauh lebih tinggi daripada tomat segar.

5. Manfaat Jus Tomat untuk Diet yang Rendah Kalori

Angka timbangan bergeser ke kiri adalah manfaat jus tomat lainnya yang bisa kamu dapatkan. Sekitar 100 gram tomat hanya mengandung sekitar 18 kalori saja. Sehingga sangat direkomendasikan untuk kamu, khususnya perempuan yang sangat gemar bermain game Ruby Mobile Legend dan saat ini sedang menjalankan diet rendah kalori.

Selain itu, likopen dalam jus tomat dipercaya dapat meningkatkan metabolisme sacara alami.

Tak ketinggalan kandungan serat dalam manfaat jus tomat yang akan dicerna lebih lama oleh tubuh sehingga mengonsumsi tomat bisa menunda rasa lapar. Dengan begitu, keinginan ngemil dan makan berlebih dapat dikendalikan.

Tomat juga dapat mendorong produksi asam amino bernama karnitin, yaitu molekul organik yang berperan penting dalam regulasi asam lemak dan metabolisme energi. Asam amino ini dipercaya meningkatkan kemampuan tubuh dalam membakar lemak.

Itulah seputar manfaat dari tomat. Bagi kamu yang kurang menyukainya, sebaiknya berfikir 2x ya, karena sangat banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan setelah mengonsumsinya.

Semoga artikel kali ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua. Terimakasih!

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Minuman Sehat yang dapat Melancarkan Aliran Darah

Manfaaat Jus Delima dan Cara Membuatnya

Menyehatkan, Ini Cara Membuat Jamu Kunyit Asam