Manfaat dan Efek Negatif Jus Seledri Untuk Kesehatan

 

Seledri adalah sayuran yang sering digunakan sebagai bahan membuat soup. ternyata seledri mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Terutama jika dibuat jus, bisa menurunkan berat badan, hingga mencegah tekanan darah tinggi.

Sayuran ini mejadi sangat populer karena mengandung banyak nutrisi seperti folat, kalium, mangan, vitamin A,C dan K.

Selain itu, seledri merupakan sumber riboflavin, vitamin B6, asam pantotenat, kalsium, magnesium, dan fosfor yang bagus. Berikut beberapa manfaat jus seledri.

Manfaat Jus Seledri bisa memecah Lemak untuk menurunkan berat badan.

Banyak yang mengatakan bahwa Jus Seledri ini memang mampu menurunkan berat badan. Jus Seledri terbukti mengandung kalori yang relatif rendah yakni hanya 85 kalori per 475 ml. 

Mengganti minuman berkalori tinggi seperti kopi manis atau softdrink dengan jus seledri adalah pilihan cerdas jika kita mencoba menghilangkan lemak di tubuh.

Selain rendah kalori, meminum jus seledri sebelum makan juga dapat meningkatkan rasa kenyang dan membantu kita makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan.

1. Manfaat Jus Seledri Sebagai Anti-Inflamasi

Jus seledri tinggi akan fitonutrien, yang merupakan senyawa tanaman yang telah terbukti memiliki efek anti-inflamasi. Flavonoid adalah golongzn fitonutrien utama dalam seledri, peningkatan asupan flavonoid dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker. dengan begitu seledri hanya dapat membantu mencegah penyakit tertentu saja.

2. Manfaat Jus Seledri untuk Mencegah Darah Tinggi

Jus Seledri dapat mengontrol tekanan darah. hal ini mungkin karena disebabkan oleh konsentrasi nitrat dalam seledri, yang meningkatkan kesehatan jantung dan membantu menurunkan tekanan darah. 

3. Manfaat Jus Seledri untuk Menurunkan Kolestrol Tinggi

Jus Seledri juga dapat menurunkan Kadar Kolestrol yang tinggi. bebrapa penelitian pada hewan mengaitkan asupan seledri dengan penurunan kadar kolestrol yang signifikan. Namun, tetap saja penelitian manusia tetap dibutuhkan.

Efek Negatih Jus Seledri

Seledri juga mempunya efek negatif, berikut beberapa efek negatif mengonsumsi Jus Seledri :

1. Kehilangan serat

Saat  Daun Seledri di haluskan kita kehilangan beberapa manfaat dari tanaman tersebut. Sekitar 9 batang seledri mengandung 9 gram serat. Asupan Serat dapat dikaitkan dengan banyak manfaat, mulai dari peningkatan penurunan berat badan hingga kesehatan usus.

2. Sodium bisa bertambah

Potensi kerugian lain dari jus seledri adalah asupan natrium yang berlebihan. Secara alami Seledri memiliki natrium yang tinggi. Departemen Kesehatan AS merekomendasikan agar orang dewasa menjaga asupan natrium harian mereka dibawah 2.300 mg sebagai bagian dari makanan sehat. Jika kita telah mengonsumsi banyak garam dalam sehari, hindari mengonsumsi Jus Seledri. karena asupan natrium berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah.

Itulah sejumlah manfaat dan efek negatif meminum Jus Seledri untuk kesehatan. Salah satu hidup sehat adalah menjalankan gizi seimbang, jadi jangan terpaku pada satu bahan makanan saja.

Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Minuman Sehat yang dapat Melancarkan Aliran Darah

Manfaaat Jus Delima dan Cara Membuatnya

Menyehatkan, Ini Cara Membuat Jamu Kunyit Asam