5 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan Tubuh

 


Salah satu susu yang paling disukai banyak orang saat ini adalah susu kedelai. Susu kedelai merupakan olahan dari kacang kedelai. Di bawah ini kami akan memberikan ulasan mengenai manfaat susu kedelai untuk tubuh.

Jika membahas mengenai olahan dari kacang kedelai, tentu kita tidak jauh-jauh dengan susu kedelai, tempe, tahu, dan lain sebagainya. Kacang kedelai memang dikenal sebagi kacang dengan sejuta olahan bahan pangan.

Kedelai atau kacang kedelai sendiri merupakan salah satu tanaman jenis polong-polongan yang sudah dibudidayakan sejak 3500 tahun yang lalu di Asia Timur.

Nah, salah satu olahan dari kacang kedelai yang paling banyak disukai oleh masyarakat baik dari luar negeri maupun tidak adalah susu kedelai. Susu kedelai merupakan jensi susu yang dikenal dengan banyaknya nutrisi penting dan baik untuk tubuh,

Bahkan, susu kedelai juga dijadikan sebagai salah satu pengganti susu jika seseorang alergi dengan susu sapi.

Dibandingkan dengan jenis susu lainnya, susu kedelai memang dikenal lebih memiliki kandungan gizi yang baik dan lebih mirip dengan susu sapi namun lebih rendah lemak. Selain itu, susu ini juga baik untuk dikonsumsi oleh siapa saja yang sedang menjalani proses diet.

Lalu, apa saja sebenarnya manfaat dari susu kedelai ini? Berikut kami berikan ulasannya untuk kamu ketahui.

1. Sebagai Pengganti Susu Sapi

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, susu kedelai dikenal sebagai salah satu jeni susu yang mampu menggantikan nutrisi dari susu sapi bagi yang alergi. Tidak hanya itu, jika kamu sedang menerapkan pola makan vegetarian, kamu juga dapat memanfaatka susu kedelai sebagai pengganti susu sapi.

2. Mampu Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Manfaat selanjutnya dari susu kedelai adalah mampu memperkuat daya tahan tubuh. Hal itu dikarenakan, di dalam susu kedelai terdapat protein, vitamin, dan mineral yang memampukan kinerja sel darah putih semakin baik dan menghasilkan antibody.

3. Mampu Mengurangi Gejala Menopause

Menopause adalah salah satu fase dimana hormone esterogen pada wanita berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Untuk mengurangi gejala tersebut, kamu dapat mencoba mengonsumsi susu kedelai karena mengandung isoflavone yang baik menjaga kadar estrogen.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat lain dari susu kedelai adalah mampu menjaga Kesehatan tulang. Manfaat ini tentu bisa kita dapatkan karena susu kedelai memiliki kalsium dan vitamin D yang mampu menguatkan tulang dan mengurangi resiko terjadinya osteoporosis.

5. Mencegah Anemia

Susu kedelai juga merupakan minuman yang baik untuk mencegah anemia. Manfaat ini berasal dari kandungan zat besi, folat, dan vitamin B12 yang berperan penting dalam produksi sel-sel darah merah.

Nah, itulah manfaat dari susu kedelai yang wajib kamu ketahui. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat dan selamat mencoba!

Posting Komentar

0 Komentar