5 Manfaat Teh Kombucha Untuk Kesehatan

 


Setelah membahas mengenai resep teh kombucha untuk kamu coba, selanjutnya kami akan memberikan resep lengkap mengenai manfaat teh kombucha untuk Kesehatan. Manfaat apa sajakah itu? Berikut kami berikan ulasannya untuk kamu ketahui.

Jika membahas mengenai minuman Kesehatan, tentu kita tidak jauh-jauh dari yang namanya teh. Ada banyak sekali jenis teh yang diklaim memberikan manfaat yang baik untuk Kesehatan.

Jenis teh itu antara lain adalah teh hijau, teh chamomile, dan masih banyak lagi. Nah, salah satu jenis teh yang dikenal baik untuk kesehatna namun belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia saat ini adalah teh kombucha.

Apa itu teh kombucha? Teh kombucha adalah salah satu jenis minuman fermentasi yang dikenal kaya akan antioksidan dan probiotik. Teh ini sudah populer di banyak negara karena khasiatnya yang melimpah dan baik untuk saluran pencernaan.

Proses pembentukan teh ini sendiri dari fermentasi teh, ragi, dan gula selama smeinggu atau lebih. Selama proses fermentasi tersebut, akan dihasilkan zat asama, bakteri, alkohol. Hal itu membuat rasa teh ini tajam, asam, dan mirip dengan cuka.

Lalu, dengan fermentasi yang dilakukan untuk mendapatkan teh kombucha, apa sebenarnya manfaatnya untuk tubuh manusia. Untuk mengetahui hal itu, di bawah ini kami akan memberikan ulasan mengenai manfaat teh kombucha yang wajib kamu ketahui.

1. Dapat Membantu Menjaga Saluran Pencernaan

Manfaat pertama dari mengonsumsi teh kombucha adalah dapat menjaga saluran pencernaan. Seperti yang sudah kami sebutkan barusan, teh kombucha memiliki kandungan antioksidan dan probiotik.

Kandungan ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memerangi bakteri jahat yang menyebabkan infeksi, mengurangi peradangan, dan meningkatkan sistem pencernaan kita.

2. Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang sudah membunuh banyak orang. Untuk mengurangi pertumbuhan dan penyebaran sel kanker dalam tubuh kita, kamu dapat rutin mencoba teh kombucha.

Hal itu dikarenakan, di dalam teh ini terdapat antioksidan polifenol yang berfungsi sebagai efek antikanker.

3. Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah

Selain mencegah sel kanker dapat tumbuh dan berkembang di dalam tubuh kita, teh kombucha juga dapat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh kita.

Cara kerja dari teh ini sendiri adalah, kombucha akan memperlambat pencernaan karbohidrat dalam tubuh. Dengan begitu, teh ini akan sangat baik untuk penderita diabetes.

4. Dapat Menurunkan Resiko Terjadinya Penyakit Jantung dan Ginjal

Manfaat selanjutnya dari mengonsumsi teh kombucha adalah mampu menurukan resiko terjadinya penyakit jantung dan gagal ginjal. Manfaaat ini dibuktikan lewat studi penelitian kecil pada hewan percobaan di laboratorium yang menunjukkan kombucha dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Selain itu, kombucha juga mampu meningkatkan kolesterol baik dan merawat Kesehatan jantung dan ginjal.

5. Menjaga Kesehatan Hati

Selain jantung dan ginjal, kombucha juga dapat merawat Kesehatan hati. Dengan kandungan antioksidan dan probiotik di dalamnya, teh ini mampu membuang zat beracun pada organ hati.

Nah, itulah manfaat teh kombucha yang wajib kamu ketahui. Perlu diingat, jika kamu ingin mengonsumsi teh yang satu ini, kamu perlu melihat takaran yang pas sesuai dengan umur kalian.

Semoga ulasan kami dapat bermanfaat untuk kamu dan selamat mencoba!

Posting Komentar

0 Komentar