Haruskah minum air putih 8 gelas sehari?

 


Karena 70% dari tubuh manusia terdiri dari air,  tubuh membutuhkan jumlah air yang cukup setiap hari. Hal ini tidak terlepas dari manfaat yang disebut-sebut dari minum air putih 8 gelas sehari. Namun bagaimana jika minum air putih 8 gelas sehari akan membuat kita tetap dehidrasi.

Pada dasarnya, orang dewasa membutuhkan sekitar 2 liter per hari. Jadi bukan hanya 8 gelas sehari. Ada juga pendapat ahli yang berbeda tentang jumlah air yang harus dikonsumsi per hari. Para ahli mengatakan bahwa kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Misalnya aktivitas fisik, kondisi lingkungan (panas/dingin), kondisi fisik (sehat/ hamil/tidak hamil).

Orang yang melakukan aktivitas yang menguras cairan tubuhnya atau yang tinggal di daerah panas tentu membutuhkan  lebih banyak cairan, karena  relatif lebih banyak cairan yang hilang (melalui keringat dan urin). Nah, konsumsi harian bahkan bisa melebihi 8 gelas per hari (250/gelas).

Faktanya, orang yang tinggal di daerah dingin seperti Eropa tidak disarankan untuk minum lebih dari 2 liter air per hari. Setidaknya 1,5 liter  air per hari akan membuat kebutuhan akan air cukup terpenuhi.

Jumlah air dalam tubuh harus seimbang



Para ahli mengatakan bahwa kebutuhan air bagi tubuh manusia berbeda-beda. Misalnya, tergantung kebutuhan fisik, aktivitas fisik, indeks massa tubuh, usia, jenis kelamin,  kesehatan atau penyakit, bukan berarti 8 gelas atau 2 liter sehari. Hal ini dikarenakan kebutuhan cairan harus seimbang antara cairan yang masuk dan cairan yang keluar.

Secara umum, tubuh manusia mengeluarkan  sekitar 2.500cc, atau setara dengan 8-10 gelas air per hari. Cairan tubuh dikeluarkan melalui urin, respirasi, keringat, dan proses sisa metabolisme lainnya (ekskresi). Nah, penting untuk diingat bahwa penyegar ini tidak hanya berasal dari minuman, bisa juga dari makanan seperti sayuran dan buah-buahan. Para ahli mengatakan setidaknya 20% dari  asupan air kita berasal dari makanan. Yah, mungkin Anda hanya perlu menambahkan 6-8 gelas air sehari.

Warna Urin yang dikeluarkan



Asupan cairan dapat dilakukan dari berbagai jenis cairan seperti kopi, teh, susu, dll, tetapi para ahli lebih menyarankan agar kita lebih memilih air, karena air tidak memiliki kalori dan tidak ada aditif atau karbohidrat lain, lebih bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena air tidak mengandung zat-zat penambah lainnya

Nah, cara mudah untuk mengetahui apakah kebutuhan air anda sudah mencukupi adalah melalui urin, atau air seni anda. Para ahli mengatakan jika urin Anda berwarna kuning pucat dan tidak berbau busuk, tubuh Anda cukup terhidrasi. . Namun, jika warnanya lebih gelap atau berbau, itu merupakan indikasi bahwa Anda kekurangan cairan atau dehidrasi.

Perhatian harus diberikan pada kebutuhan cairan. Baik kekurangan air (dehidrasi) maupun kelebihan air (overhidrasi), keduanya dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Overhidrasi dapat menyebabkan mual, sakit kepala, perut kembung, dan pembengkakan sel. Harus ditekankan bahwa efek terburuk dari dehidrasi dan overhidrasi dapat menyebabkan kematian.

Jika kita minum air putih secara berlebihan atau tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh malah akan membuat air sulit untuk ditelan dan membuat tubuh bekerja ekstra untuk menyerap air tersebut.

Jadi minumlah air sesuai keadaan dan kondisi tubuh saja. Karena kondisi dan kebutuhan setiap orang itu berbeda-beda

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Minuman Sehat yang dapat Melancarkan Aliran Darah

Manfaaat Jus Delima dan Cara Membuatnya

Menyehatkan, Ini Cara Membuat Jamu Kunyit Asam