Jus Semangka: Manfaat dan Cara Membuatnya!

 



Buah semangka adalah salah satu buah dengan nutrisi yang melimpah di dalamnya. Tidak jarang banyak sekali orang yang mengolah semangka menjadi jus buah agar semakin mudah untuk dinikmati. Lalu, apa sebenarnya manfaat dari buah semangka ini? Serta bagiamana cara mengolah jus semangka yang benar namun tetap segar? Berikut kami berikan ulasannya.

Seperti yang kita ketahui, buah memiliki banyak sekali manfaat yang melimpah untuk tubuh. Ada banyak nutrsi penting yang dimiliki oleh buah untuk tubuh.

Akan tetapi, tidak semua buah memiliki nutrisi yang sama dengan buah yang lain. Beberapa buah memiliki nutrisi yang berbeda sesuai dengan jenis buahnya.

Salah satu buah yang dikenal dengan manfaatnya yang melimpah dan baik untuk program diet adalah semangka.

Semangka adalah salah satu buah yang berasal dari Afrika Selatan dan saat ini sudah dapat ditemui dihampir seluruh dunia. Buah ini memiliki banyak nutrisi penting di dalamnya seperti vitamin A, vitamin C, antioksidan, kalium, dan lain sebagainya.

Bahkan, semangka juga termasuk ke dalam deretan buah dengan kandungan vitamin C paling tinggi.

Tidak hanya itu, semangka juga kaya akan manfaat yang baik untuk tubuh. Manfaat itu antara lain adalah:

1. Mencegah Dehidrasi

Manfaat semangka yang pertama adalah dapat mencegah dehidrasi. Manfaat yang satu ini memang sudah dikenal banyak orang karena semangka memiliki kandungan air yang melimpah. Sebanyak 92% cairan terdapat di dalam semangka.

Tidak heran mengapa semangka dapat mencegah dehidrasi.

2. Dapat Mencegah Kanker

Selanjutnya adalah, semangka mampu mencegah kanker. Manfaat yang satu ini terjadi karena semangka memiliki senyawa likopen dan cucurbitacin E yang mampi memberikan efek antikanker.

3. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selain dapat mencegah kanker, semangka juga dapat meningkatkan Kesehatan jantung. Hal ini terjadi karena adanya likopen yang yang mampu mengurangi kolestrol dan tekanan darah. Sehingga, semangka dapat meningkatkan Kesehatan jantung.

Itu lah beberapa manfaat semangka yang bisa kamu dapatkan. Masih banyak lagi manfaat semangka yang dapat kamu terima jika mengonsumsi secara rutin dan mengolahnya dengan benar.

Selanjutnya, kami akan memberikan resep jus semangka enak dan segar namun tetap kaya akan manfaat. Resep di bawah ini dapat kamu konsumsi setiap hari dan tentunya akan memenuhi kebutuhan nutrisi harian kamu.

Bagaimanakah resepnya? Simak ulasan di bawah ini sampai habis.

Jus Semangka Polos

Bahan-bahan:

·       1/2 buah semangka (tanpa biji)

·       200 ml air

·       1 sdm gula pasir

·       Es batu (secukupnya)

Cara membuat:

1.       Pertama, potong kecil-kecil semangka.

2.       Lalu, masukkan potongan semangka tersebut ke dalam blender.

3.       Saring hasil blender untuk mengambil ampas semangka yang ada.

4.       Sajikan hasil saringan jus semangka ke dalam gelas untuk disajikan. Lebih enak dan segar jika ditambah lagi dengan es batu.

Jus Semangka Susu

Bahan-bahan:

·       70 gram buah semangka

·       50 ml susu cair

·       Es batu (secukupnya)

Cara membuat:

1.       Potong semangka kecil-kecil agar memudahkan dalam proses menjadi jus.

2.       Tambahkan susu cair.

3.       Blender semua bahan hingga halus.

4.       Jus semangka pun siap untuk dinikmati. Tambahkan es batu agar makin segar.

Nah, itulah resep dan manfaat jus semangka yang baik untuk tubuh. Kamu dapat mengkreasikan jus semangka dengan bahan lainnya untuk semakin meningkatkan kreativitas kamu dalam membuat olahan jus.

Semoga ulasan kami dapat bermanfaat dan selamat mencoba!

Posting Komentar

0 Komentar