Khasiat Jus Jeruk, Tingkatkan imun hingga Cegah Anemia


Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang rendah kalori dan bisa menjadi sumber flavonoid serta fitokimia yang memiiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk diyakini mampu menurunkan risiko berbagai masalah kesehatan.

Buah jeruk dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, bisa dikonsumsi secara langsung ataupun diolah menjadi jus jeruk. Banyak orang menyukai jus jeruk karena rasanya yang segar dan enak. Selain itu, jus jeruk juga kaya akan kandungan vitamin, mineral, serta nutrisi yang penting.

Dengan meminum satu gelas jus jeruk saja sudah bisa langsung membuat kita merasa enerjik. Tak hanya itu, mengonsumsi jus jeruk secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat, terutama jika kita menggabungnya dengan diet rendah kalori.

Lebih dari itu, jus jeruk memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menjaga Imun

Jus jeruk dipercaya dapat memberkuat imunitas tubuh karena tingginya kandungan vitamin C yang dapat mencukupi kebutuhan harian vitamin C.  selain itu, salah jus jeruk juga terdapat kandungan asam askorbat, yakni komponen kolagen yang dapat memperbaharui sel dan merangsang tumbuhnya jaringan ikat dalam tubuh.

2. Melancarkan Proses Pencernaan

Jus jeruk mengandung pilifenol yang dipercaya berperan sebagai enzim yang dapat melancarkan pencernaan. Perlu diketahui, untuk menjaga agar zat ini tidak rusak, sebaiknya simpan jus jeruk dalam temperatur yang dingin serta tidak terkena sinar matahari secara langsung.

3. Meningkatkan Produksi Kolagen

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam jus jeruk dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Seperti yang kita ketahui, kolagen berperan penting dalam proses regenerasi sel kulit, sehingga mampu mencegah proses penuaan dini. Kolagen tidak bisa diproduksi sendiri dalam tubuh, sehingga diperlukana asupan vitamin C untuk mendukungnya.

4. Mencegah Penyakit Ginjal

Kandungan kalsium dan potassium pada jus jeruk bisa membantu mencegah terbntuknya batu ginjal. Batu ini dapat muncul ketika partikel oksalat menempel pada partikel kalsium. Hal tersebut terjadi karena ketidakseimbangan kadar oksalat dan kalsium. Asupan kalsium yang cukup dapat membantu mempertahankan pembentukan oksalat pada ginjal yang dapat mencegah batu ginjal.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan karoten dan juga vitamin A yang tinggi dalam jus jeruk sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, seperti melindungi korne dan permukaan mata. Vitamin A adalah kelompok besar antioksidan yang berperan dalam memperkuat imunitas tubuh. Minuman sehat yang satu ini bisa membantu memperkuat selaput mata serta membentengi diri dari bakteri maupun infeksi.

6. Menurunkan Kolesterol

Mengonsumsi jus jeruk secara rutin bisa menurunkan kadar kolesterol darah. Jika dikonsumsi bersamaan dengan makanan tinggi serat, jus jeruk bisa menurunkan kolesterol jahat LDL. Selain itu, jus jeruk juga mendukung sistem kardiovaskular. Serat-serat jeruk dipercaya bisa memebrsihkan kelebihan kolesterol.

7. Mencegah Anemia

Manfaat jus jeruk selanjutnya adalah mencegah anemia. Dr Streiff, University of Florida College of Medicine, Gainesville, dalam penelitiannya, telah menyimpulkan bahwa jus jeruk merupakan sumber makanan yang kaya folat.

Folat merupakan anggota dari B kompleks, secara teknis itu adalah vitamin B9. Vitamin ini berperan penting untuk pembuatan DNA dan pertumbuhan sel-sel baru yang juga sangat penting selama kehamilan dan menyusui.

Demikian informasi mengenai jus jeruk sebagai salah satu minuman sehat yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menciptakan pola hidup sehat. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Minuman Sehat yang dapat Melancarkan Aliran Darah

Manfaaat Jus Delima dan Cara Membuatnya

Menyehatkan, Ini Cara Membuat Jamu Kunyit Asam