Beragam Manfaat Jamu Temulawak bagi Kesehatan


Manfaat temulawak bagi kesehatan telah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Khasiat tanaman herbal tersebut sudah dimanfaatkan selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional China. 

Tanaman dengan nama latin Curcuma xanthorrhiza ini biasanya berbentuk silinder rimpang. Tanaman temulawak ini masih kerabat dekat dengan kunyit.

Curcuma xanthorrhiza merupakan tanaman herbal asli Indonesia yang banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, mulai dari kurang nafsu makan, gangguan lambung, demam, radang sendi, sembelit, diare, hingga gangguan fungsi hati. 

Di Indonesia, obat herbal ini juga banyak ditemukan dalam bentuk olahan jamu atau teh herbal. Lantas, apa saja manfaat jamu temulawak ini?

Yuk, simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini.

1. Menjaga imun

Minuman jamu temulawak dipercaya berkhasiat dalam menjaga imun tubuh. Manfaat tersebut berasal dari kandungan beragam nutrisi serta antioksidan dari temulawak yang berperan dalam membantu kinerja sel darah putih dan produksi antibodi.

Apabila imun tubuh terjaga, maka tubuh akan lebih kuat melawan berbagai virus penyebab penyakit. Dengan demikian, dapat menjaga anda agar tidak mudah terserang berbagai penyakit.

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat jamu temulawak selanjutnya adalah untuk meringankan gejala gangguan pencernaan, seperti diare, sembelit, dan sakit perut. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa temulawak berpotensi untuk mengobati radang lambung atau gastritis. Meski demikian, kemanan manfaat temulawak yang satu ini masih perlu di teliti lebih lanjut.

3. Menjaga kesehatan dan fungsi hati

Beberapa studi mengungkapkan bahwa temulawak berkhasiat untuk menjaga kesehatan serta fungsi hati. Selain itu, kandungan yang terdapat pada temulawak juga berfungsi mengurangi peradangan pada hati. Hal tersebut diduga karena efek antioksidan dan antiradang yang terkandung dalam temulawak.

4. Mengontrol kadar gula darah

Temulawak juga diketahui dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaganya tetap stabil. Manfaat temulawak ini berasal dari efek antioksidan dan antiradang yang dapat menekan stres oksidatif dan peradangan. Jamu temulawak juga diketahui dapat meningkatkan efektivitas insulin dalam mengontrol gula darah.

5. Menurunkan risiko penyakit kanker

Terdapat kandungan antioksidan, antiradang, dan antikanker yang cukup kuat pada temulawak. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak temulawak dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, seperti kanker payudara, kanker serviks, dan kanker hati.

Meski demikian, temulawak masih belum bisa digunakan sebagai pengobatan kanker. Penelitian terhadap efektivitas temulawak dalam mengobati kanker masih sangat terbatas dan diperlukan penelitian lebih lanjut.

Selain berbagai manfaat di atas, temulawak juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah, mengurangi kolesterol, dan menjaga kesehatan otak.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai jamu temulawak serta manfaat yang dihasilkan ketika mengonsumsi minuman herbal tersebut secara rutin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Minuman Sehat yang dapat Melancarkan Aliran Darah

Manfaaat Jus Delima dan Cara Membuatnya

Menyehatkan, Ini Cara Membuat Jamu Kunyit Asam