Khasiat Jamu Beras Kencur dan Cara Membuatnya



Sebagai salah satu minuman tradisional, jamu menjadi salah satu alternatif pengobatan bagi banyak orang. Sejak dulu, masyarakat Indonesia meyakini manfaat jamu beras kencur dapat menangkal berbagai penyakit dan meningkatkan kebugaran tubuh.

Kencur merupakan salah satu tanaman herbal yang sering dipergunakan sebagai bumbu dapur. Akan tetapi, tumbuhan rempah yang satu ini juga kerap dijadikan ramuan obat dengan cara diolah menjadi jamu.

Rasanya yang enak dan tidak pahit membuat beras kencur banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Tak hanya membuat badan segar, jamu beras kencur juga ternyata menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa jamu beras kencur sering digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka pasca melahirkan.

Tak hanya itu, jamu beras kencur juga menyimpan manfaat lain bagi kesehatan. Apa saja itu? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Penambah Nafsu Makan dan Menjaga Stamina

Mengonsumsi jamu beras kencur dipercaya dapat meningkatkan selera makan. Selain itu, minuman herbal ini juga dapat mengatasi nyeri sendi dan pegal serta kelelahan. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin B kompleks yang tinggi pada kencur. Mengonsumsi jamu beras kencur secara rutin akan memberikan manfaat dalam meningkatkan stamina serta membantu menurunkan berat badan.

2. Minuman Herbal Pasca Persalinan

Jamu beras kencur dipercaya dapat menghilangkan rasa lelah, keseleo, dan menghilangkan darah kotor. Gejala-gejala tersebut kerap dialami oleh wanita setelah melahirkan. Beberapa penelitian membuktikan bahwa kencur secara efektif mempercepat penyembuhan luka pasca persalinan.

3. Sebagai Anti Bakteri

Kencur mengandung beberapa senyawa yang dapat bekerja sebagai anti bakteri yang dapat membantu mengatasi beberapa keluhan kesehatan, seperti diare, batuk berdahak, hingga jerawat. Beberapa penelitian membuktikan bahwa kencur memiliki kemampuan untuk melawan bakteri Toxocara canis serta efektif melawan tiga spesies bakteri penyebab penyakit sistem saraf pusat.

4. Mengurangi Kolesterol Jahat

Manfaat jamu beras kencur lainnya adalah untuk membantu mengurangi kadar kolesterol jahat. Minuman herbal ini dipercaya dapat meningkatkan produksi empedu dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa empedu berfungsi untuk penyerapan nutrisi dan menghilangkan racun, termasuk kolesterol jahat.

Mengonsumsi jamu beras kencur secara rutin dapat memperlancar aliran empedu sehingga membantu dalam penyerapan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, kandungan sintase asam lemak dibantu dengan flavonoidnya, seperti kaemferol, quercetin, serta galanin membuat kolesterol dapat keluar dari tubuh.

5. Menyembuhkan Diare

Jamu beras kencur juga dipercaya dapat menyembuhkan diare. Kencur merupakan herbal yang mengandung zat-zat stotoksik dan antibakteri yang dapat membantu meringankan diare. Umunya, diare disebabkan karena infeksi pada saluran pencernaan.

Selain anti-inflamasi dan anti-bakteri, kandungan kencur dipercaya mampu membunuh bakteri dan menyembuhkan diare dengan cepat. Jamu beras kencur mampu menghindari tubuh dari dehidrasi akibat kekurangan cairan saat diare.

Cara Membuat Jamu Beras Kencur di Rumah

Saat ini, telah banyak ditemukan produk jamu beras kencur yang dijual di supermarket ataupun took tradisional. Tapi tak ada salahnya jika ingin membuatnya di rumah, karena proses pembuatannya pun tidaklah sulit.

Kamu membutuhkan beras putih, jahe, kencur, asam jawa, daun pandan, gula jawa, dan air matang yang disesuaikan dengan bahan-bahan lainnya. Cuci beras hingga bersih dan rendam selama 3 jam, lalu kemudian saring dan peras hingga dihasilkan jamu beras kencur. Sajikan jamu beras kencur dalam keadaan hangat maupun dingin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Minuman Sehat yang dapat Melancarkan Aliran Darah

Manfaaat Jus Delima dan Cara Membuatnya

Menyehatkan, Ini Cara Membuat Jamu Kunyit Asam