Wajib Tahu! Manfaat Teh Melati yang Sayang Dilewatkan


Teh adalah jenis minuman yang banyak digemari. Ada banyak jenis teh di dunia, mulai dari teh hitam, teh hijau, teh oolong, hingga teh melati. Khusus untuk teh melati, selain harum, minuman ini juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan.

Teh melati adalah minuman beraroma bunga melati. Minuman ini sebenarnya hanyalah teh biasa yang ditambahkan dengan bunga melati untuk menghasilkan aroma dan rasa yang unik.

Tak hanya itu, minuman ini juga ternyata menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Berikut dijelaskan khasiat teh melati, antara lain :

1. Membantu Menurunkan Kolesterol

Tingginya kolesterol dapat memicu peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, yakni penyakit jantung dan stroke. Jika anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi hingga berada di atas rata-rata, sebaiknya segera ambil langkah penanganan yang tepat untuk menurunkannya. Teh melati ini juga dapat membantu proses penurunan kolesterol. 

2. Menurunkan Risiko Diabetes

Kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) dalam teh melati dipercaya dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. EGCG dapat membantu tubuh menggunakan insulin dengan lebih efektif serta menurunkan kadar gula darah, sekaligus menurunkan risiko diabetes tipe 2.

3. Membantu Turunkan Berat Badan

Teh melati dapat digunakan untuk membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Minuman ini memiliki sifat pembakaran lemak, berkat kandungan kafein dan polifenol antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG). Dengan demikian, minuman ini akan membantu anda menurunkan berat badan.

4. Menjaga Sistem Imun

Minuman sehat yang satu ini dapat membantu untuk melindungi dan menjaga kekebalan tubuh dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan sehingga membantu kita terhindar dari berbagai penyakit.

Tak hanya diminum, cara lain menikmati teh melati ini adalah dengan menghirupnya. Menghirup teh melati dipercaya mampu memperkuat sistem imun tubuh.

5. Melindungi Fungsi Hati

Teh melati merupakan minuman yang kaya akan polifenol, yang dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian pada hewan sebagai bahan percobaan, polifenol terbukti mampu melindungi kolesterol LDL (buruk) dari oksidasi, suatu proses yang dapat memicu penyakit jantung.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Teh melati mengandung kafein yang bermanfaat untuk meningkatkan aktivitas otak serta membantu pelepasan neurotransmitter yang dapat mingkatkan suasana hati seperti dopamine dan serotonin. 

Minuman ini juga mengandung asam amino L-theanine yang memicu pelepasan asam gamma-aminobutyric (GABA) – neurotransmitter yang menciptakaan suasana tenang dan santai. Penggunaakn secara bersamaan antara L-theanine dan kafein tampaknya lebih efektif dalam meningkatkan fungsi otak.

• Menjaga Kesehatan Mulut

Teh melati pada dasarnya adalah teh hijau atau teh hitam yang dikemas dengan katekin. Katekin merupakan sekelompok polifenol yang dapat membantu melindungi dari kerusakan gigi atau rongga dengan membunuh bakteri pembentuk plak seperti Streptococcus mutans.

Sebuah penelitian terhadap 15 orang menunjukkan bahwa, larutan yang mengandung katekin teh hijau menghentikan Streptococcus mutans dari menghasilkan asam ketika diaplikasikan pada gigi. Belum lagi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh melati dapat memerangi bau mulut dengan mengurangi bakteri penyebab bau.

Nah, itulah penjelasan mengenai teh melati sebagai salah satu jenis minuman sehat yang dapat kamu konsumsi. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi semua pembaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Minuman Sehat yang dapat Melancarkan Aliran Darah

Manfaaat Jus Delima dan Cara Membuatnya

Menyehatkan, Ini Cara Membuat Jamu Kunyit Asam