Khasiat Jus Cranberry Bagi Kesehatan, Khususnya Wanita


Buah yang termasuk dalam kelompok beri-berian sudah dikenal sejak lama sebagai buah yang tinggi akan manfaat. Berkat kandungan zat antioksidan tinggi did alamnya, buah ini bagus untuk dikonsumsi setiap hari.

Salah satu jenis buah beri yang saat ini banyak dikonsumsi adalah buah cranberry. Buah berbentuk kecil berwarna merah ini menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Buah ini dapat dinikmati dengan cara dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus.

Di Indonesia, buah cranberry ini cukup sulit ditemukan. Meskipun begitu, kamu bisa menemukan olahan jus cranberry dengan mudah di toko swalayan Indonesia karena dijual dalam bentuk kemasan.

Penasaran dengan manfaat buah cranberry ini? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Buah cranberry ternyata bisa membantu mengatasi infeksi saluran kemih. Kandungan Proanthocyanidins antioksidan dalam jus cranberry dapat membantu mencegah bakteri-bakteri yang menempel pada dinding kemih.

Jika dibiarkan terus-menerus, bakteri ini akan membuat seseorang terkena infeksi saluran kemih. Namun, perlu diketahui bahwa menambahkan gula pada jus cranberry dapat memperparah infeksi saluran kemih. Untuk itu, hindari menambahkan gula jika ingin menyajikan jus cranberry untuk mengatasi infeksi saluran kemih.

2. Menjaga Kesehatan Daerah Kewanitaan

Dalam jus cranberry terdapat kandungan proanthocyanidin yang dipercaya mampu mencegah pertumbuhan bakteri E. Coli di daerah kewanitaan. Dengan demikian, pertumuhan jamur did aerah kewanitaan dapat dicegah.

Jamur dapat menimbulkan rasa gatal pada daerah kewanitaan dan menyebabkan keputihan yang tidak wajar. Jika kamu sedang mengalaminya, sebaiknya segera atasi dengan meminum jus cranberry.

3. Kaya Antioksidan

Beberapa penelitian menyatakan bahwa buah cranberry mengandung fenol, yang merupakan salah satu tipe antioksidan tertinggi. Kandungan antioksidan dipercaya dapat mencegah terjadinya penyakit liver, menurunkan tekanan dara, dan menjaga kesehatan mata.

Tak hanya itu, jus cranberry juga dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

4. Baik Untuk Kehamilan

Tahukah kamu jika ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi vitamin C untuk menjaga kesehatan kehamilan serta menghindari kelahiran prematur. Jus cranberry diketahui mengandung vitamin C yang tinggi, yang baik untuk menjaga kesehatan janin.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Jus cranberry mengandung senyawa tanaman lain yang bersifat antiradang yang dapat melindungi Anda dari penyakit jantung. Sebuah studi terbitan European Journal of Nutrition yang melibatkan pria obesitas menunjukkan bahwa mengonsumsi jus cranberry dengan polifenol tinggi selama 8 minggu mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, meminum jus cranberry juga berkhasiat untuk mengontrol kadar kolesterol jahat (LDL).

Nah, itulah tadi lima manfaat dari mengonsumsi jus cranberry. Jika anda ingin mendapatkan manfaat jus cranberry dengan takaran yang tepat, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gizi kepercayaan Anda.

Posting Komentar

0 Komentar