5 Minuman Sehat yang dapat Melancarkan Aliran Darah


Sirkulasi darah yang optimal adalah modal awal yang diperlukan untuk mewujudkan fungsi tubuh yang optimal sehingga nutrisi, oksigen, dan mineral dapat tersalurkan dengan baik ke seluruh tubuh.

Sebaliknya, sirkulasi darah yang etrganggu dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada tubuh, seperti kesemutan, kram di bagian otot, proses penyembuhan luka menjadi lama, hingga gangguan jantung.

Buah dan sayur dipercaya dapat memperlancar aliran darah karena memiliki berbagai murisi baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Membiasakan mengonsumsi makanan tersebut ditambah penerapan gaya hidup sehat, kelola stres dengan baik, istirahat yang cukup, serta menjauhi rokok dapat membuat kamu terhindar dari masalah peredaran darah yang tidak lancar.

Kamu dapat mengonsumsi buah dan sayur dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan membuatnya dalam olahan jus.

Baca juga : Anemia Gravis

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa contoh olahan jus yang dipercaya dapat membantuk memperlancar peredaran darah. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Jus Jeruk


Buah jeruk tergolong ke dalam jenis buah yang dapat membantu melancarkan peredaran darah berkat kandungan vitamin C yang tinggi. Pasalnya, senyawa itu berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga jantung dan pembuluh darah akan tetap berfungsi secara optimal.

 Selain itu, jus jeruk juga emngandung flavonoid yang juga berfungsi sebagai zat antikanker.

2. Jus Mentimun


Jus mentimun juga merupakan salah satu minuman yang dapat memperlancar aliran darah. Kandungan vitamin K dalam mentimun penting untuk mengurangi risiko proses pembekuan darah. 

Jus mentimun juga mengandung potassium dan serat yang tinggi, sehingga berguna untuk memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh.

Tak hanya itu, dalam jus mentimun terdapat kandungan flavonoid, lignan, dan triterpenoid yang berfungsi sebagai antiradang yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi jus mentimun secara teratur juga bisa mengatur pH darah.

3. Jus Alpukat


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jus alpukat cocok untuk dijadikan menu harian yang dapat menurunkan kolestrerol jahat (LDL). Hal ini biasanya dirasakan oleh orang-orang dengan masalah kelebihan berat badan atau disebut obesitas.

Dalam jus alpukat terdapat kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi yang dipercaya mampu membantu menjaga sirkulasi darah.

4. Jus Wortel


Mengonsumsi jus wortel secara teratur memberikan efek positif pada kesehatan jantung. beberapa penelitian menemukan bahwa dengan meminum juswortel, tekanan darah sistolik akan menurun ke rentang yang optimal.

Hal itu dikarenakan jus wortel memiliki kandungan yang dapat melindungi pembuluh darah dengan meningkatkan status antioksidan total.

5. Jus Buah Bit


Buah dengan ciri khas warna merah menyala ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah untuk membantu memperlancar peredaran darah. Dalam jus buah bit terdapat kandungan nitrat yang tinggi yang berperan untuk kelancaran sirkulasi darah dalam tubuh.

Nitrat kemudian akan diubah menjadi oksida yang membuat pembuluh darah dalam tubuh menjadi lebih lebar.

Nah, itulah beberapa rekomendasi minuman yang baik dikonsumsi untuk membantu melancarkan aliran darah. Yuk, mulai sekarang biasakan rajin mengonsumsi jus untuk menjaga kesehatan tubuh.

Posting Komentar

0 Komentar