6 Manfaat Jus Bit untuk Kesehatan tubuh yang Wajib Diketahui

 


Buah bit, juga dikenal sebagai bitah atau bitis, adalah tanaman umbi-umbian yang memiliki buah berbentuk bulat atau agak silindris. Tanaman ini berasal dari keluarga Amaranthaceae Chenopodiaceae dan masih satu keluarga dengan sayuran lobak dan sayuran berakar lainnya.

Buah ini biasanya memiliki warna merah terang atau ungu, tetapi juga ada yang memiliki warna kuning atau putih. Di dalam buah bit terdapat daging yang renyah dan sedikit manis.

Kemudian Bit memiliki kandungan nutrisi penting yaitu serat, vitamin C, zat besi, folat, kalium, fosfor, natrium, tembaga, protein, natrium dan tembagai. Selain itu kaya akan lemak, karbohidrat karoten total, thiamin, riboflavin, niasin, vitamin C dan seng.

Perlu kita ketahui bahwa jus bit memiliki berbagai manfaat, misalnya sebagai pewarna makanan alami dan pemanis campuran dalam makanan maupun minuman. Bukan hanya itu, buah bit ternyata memiliki banyak sekali manfaat kesehatan bagi tubuh. Daripada penasaran apa saja manfaatnya. Yuk simak ulasan secara lengkap di bawah ini.

1. Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko dari berbagai penyakit serius, termasuk serangan jantung, gagal jantung dan stroke. Menurut beberapa penelitian, jus bit memiliki manfaaat dalam menurunkan tekanan darah hingga mencapai angka 4 sampai 10 mmHg lebih rendah selang beberapa jam setelah mengonsumsinya.

Karena kandungan nitrat dari buat bit,  di dalam tubuh, nitrat akan diproses menjadi oksida nitrat yang bisa melebarkan pembuluh darah sehingga darah menurun.

2. Meningkatkan stamina

Buah bit memiliki kandungan nutrisi yang melimpah, sehingga menjadikannya makanan ideal bagi atlet yang ingin meningkatkan stamina. Salah satu kandungan penting dalam buah bit adalah nitrat, yang memiliki manfaat meningkatkan kemampuan mitokondria dalam memproduksi energi dalam tubuh. Sebuah penelitian pada tahun 2011 juga menemukan bahwa konsumsi jus buah bit sebelum olahraga dapat meningkatkan performa atlet sejauh 4 km sebesar 2,8 persen dan sejauh 16,1 km sebesar 2,7 persen.

3. Mengatasi peradangan

Manfaat buah bit lain yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsi buat bit adalah mengatasi peradangan. Jus bit memiliki kandungan betalain, yaitu pigmen yang memiliki sifat anti-inflasimasi sehingga bisa membantu tubuh kamu mengatasi berbagai peradangan.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Buah bit memiliki kandungan serat yang melimpah, dengan sekitar 3,4 gram serat dalam satu porsi cangkir. Kandungan serat ini memiliki manfaat penting dalam membantu pergerakan makanan melalui usus, yang membantu memperlancar buang air besar secara teratur dan mencegah masalah pencernaan.

Penelitian dalam jurnal Nutrients tahun 2013 juga mendukung hal ini, dengan menyatakan bahwa asupan serat secara rutin dapat mencegah sembelit, infeksi usus, dan wasir. Selain itu, konsumsi serat juga dapat mengurangi risiko berbagai penyakit seperti GERD, asam lambung, kanker usus, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

5 Meningkatkan kesehatan otak

Seiring bertambahnya usia, terjadi penurunan fungsi otak. Namun, konsumsi buah bit dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan kesehatan dan fungsi otak. Jus bit mengandung nitrat yang dapat meningkatkan fungsi kognitif dan mental dengan melebarkan pembuluh darah. Hal ini memungkinkan aliran darah yang lebih optimal menuju otak.

Manfaat ini dapat mempengaruhi bagian otak yang terkait dengan fungsi berpikir, termasuk pengambilan keputusan dan memori kerja. Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan manfaat ini secara lebih mendalam.

6. Mencegah Kanker

Jus bit merupakan salah satu jenis minuman yang memiliki kandungan antioksidan tinggi, sehingga dapat membantu dalam pencegahan kanker. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah bit dapat membantu menghambat pertumbuhan sel tumor pada hewan.

Selain itu, penelitian pada sel manusia juga menemukan bahwa ekstrak buah bit yang mengandung pigmen betalain dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat dan payudara. Namun, meskipun demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memahami secara lebih mendalam mengenai potensi khasiat buah bit ini.

Itulah pembahasan mengenai manfaat jus bit untuk kesehatan tubuh yang perlu kita ketahui. Semoga dengan ulasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan bisa menjadi bahan referensi.

 

Posting Komentar

0 Komentar