5 Manfaat Jus Lemon untuk Kesehatan

Jus lemon adalah salah satu minuman yang diyakini mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh seperti vitamin, kalsium, asam folat,zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan masih banyak lagi.

Buah lemon sangat kaya akan asam sitrat, vitamin C dan kalsium yang bermanfaat bagi kesehatan. Ketika meminum jus lemon, maka kamu akan merasakan  manfaat dari jus lemon.

Nah, apa manfaat jus lemon untuk kesehatan? Penasaran? Yuk simak ulasan berikut!

1. Mendukung kesehatan jantung

Salah satu manfaat jus lemon dalah sebagai sumber vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Dimana kedua nutrisi itu bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat membantu mencegah penyakit jantung maupun stroke.

Selain itu, serat yang ditemukan dalam manfaat air lemon dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

Karena berdasarkan penenelitian, menunjukkan bahwa jus lemon bisa membantu menurunkan tekanan darah. Karena lemon mengandung dua komponen tanaman yang dikenal dapat mengurangi koletrol seperti hesperidin dan diosmin

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jus lemon sering dijadikan rekomendasi sebagai buah yang wajib dikonsumsi, apabila kamu ingin menurunkan berat badan.

Maka ada beberapa manfaat air lemon yang kaya akan serat pektin dan zat polifenol yang terkandung dalam jus lemon, sehingga membuat kita merasa kenyang lebih lama dan membantu menurunkan berat badan.

3. Mencegah Batu Ginjal

Manfaat lemon selanjutnya adalah dapat mencegah batu ginjal yang terbentuk ketika produksi limbah mengkristal dan menumpuk di dalam ginjal.

Asam sitrat pada buah lemon dapat membantu mencegah batu ginjal dengan  cara meningkatkan volume urin dan meningkatkan PH urin.

Meskipun sudah terbukti, penelitian lebih besar mengenai efek asam sitrat dalam buah lemon untuk mencegah batu ginjal masih diperlukan.

4. Mencegah Anemia

Manfaat jus lemon satu ini mungkin masih belum sering terdengar. Faktanya, lemon bisa mencegah dan melindungi seorang dari anemia.

Lemon memang mengandung zat besi, namun cara kerja lemon mencegah anemia dengan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati.

Selain itu, lemon mengandung vitamin C dan asam sitrat yang berperan untuk memastikan tubuh menyerap zat besi sebanyak mungkin dari makanan yang dikonsumsi.

 5. Mencegah Kanker

Manfaat jus lemon untuk kesehatan lainnya adalah dapat mencegah kanker. Karena beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi buah jeruk paling banyak, memiliki risiko lebih rendah terkenal kaner.

Tabung reaksi, senyawa dari buah lemon dapat membunuh sel-sel kanker. Buah lemon dan buah jeruk lainnya memiliki zat alami yang mungkin memiliki sifat melawan kanker yakni pektin jeruk dan limonoid yang dimodifikasi.

Namun sayangnya meskipun terlihat cukup menjanjikan, sifat-sifat ini belum pernah diuji pada manusia dan membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Itulah seputar manfaat dari lemon. Bagi kamu yang kurang menyukainya, sebaiknya berfikir 2x ya, karena sangat banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan setelah mengonsumsinya.

 

Posting Komentar

0 Komentar