5 Manfaat Jus Sirsak untuk Tubuh

 


Seperti yang kita ketahui, buah memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh. Salah satu buah yang kaya akan vitamin dan mudah untuk kita temui di mana saja adalah sirsak.

Buah sirsak (Annona muricata) adalah salah satu buah yang mudah untuk ditemukan di daerah iklim tropis, seperti Indonesia. Buah dengan rasa asam segar ini  dijadikan kenny austin sebagai jus, puding, atau bahkan campuran es buah.

Selain kaya akan manfaat, buah sirsak juga dikenal dengan seluruh bagian yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional. Mulai dari batang, akar, dan daun sirsak, seluruhnya dapat dijadikan sebagai obat tradisional.

Adapun kandungan yang ada di dalam buah sirsak adalah:

·       Karbohidrat

·       Serat

·       Protein

·       Vitamin C

·       Vitamin B

·       Kalium

·       Magnesium

·       Kalsium

Selain beragam nutrisi di atas, buah sirsak juga mengandung nutrisi lain, seperti zat besi, folat, zinc, serta antioksidan.

Baca juga: Resep Jus Pakcoy untuk Meredakan Jerawat

Nah di ulasan kali ini kami akan memberikan beberapa manfaat dari jus sirsak yang mungkin belum kamu ketahui. Manfaat apa sajakah yang bisa kamu terima jika mengonsumsi jus sirsak secara rutin? Berikut kami berikan ulasannya untuk kamu ketahui.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat jus sirsak yang pertama adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Seperti yang sudah disebutkan, sirsak memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas di dalma tubuh.

Selain itu, kandungan ini juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit kronis seperti hipertensi dan diabetes. Kandungan yang ada di dalam sirsak juga dapat menjaga daya tahan tubuh dan mampu membuat tubuh lebih kuat dalam melawan penyakit infeksi.

2. Meredakan Peradangan

Manfaat lain yang dimiliki oleh jus sirsak adalah dapat meredakan peradangan. Manfaat ini didapat dari kandungan sirsak yang memiliki efek anti radang. Efek ini dipercaya dapt meringankan peradangan atau dapat mencegah penyakit muncul akibat peradangan, seperti asam urat, arthritis, hipertensi, dan lain sebagainya.

3. Melancarkan Pencernaan

Selain jus papaya, jus sirsak juga dapat membantu tubuh dalam menjaga pencernaan lancar. Selain itu, dengan mengonsumsi jus sirsak secara rutin juga dapat membantu mengatasi dan mencegah sembelit.

4. Melawan Infeksi

Manfaat lain yang dimiliki oleh jus sirsak adalah dapat melawan infeksi. Manfaat ini didapat dari kandungan nutrisi yang ada di dalam sirsak seperti vitamin C, vitamin B, kalium, dan lainnya. Kandungan lain dari jus sirsak juga dapat membantu tubuh dalam tahap pemulihan setelah terkena infeksi.

5. Mencegah Pertumbuhan Sel kanker

Salah satu manfaat utama yang dimiliki oleh jus sirsak adalah dapat mencegah adanya penumbuhan sel kanker dalam tubuh. Manfaat ini di dapat dari kandungan antioksidan dan beragam zat kimia lain di dalam sirsak yang memiliki sifat anti kanker.

Dari beberapa studi laboratorium menunjukkan bahwa, ekstrak buah sirsak dapat menghambat berbagai jenis sel kanker seperti kanker payudara, prostat, usus besar, hati, ginjal, dan mulut.

Nah, itulah manfaat utama dari mengonsumsi jus sirsak secara rutin yang dapat kamu peroleh untuk tubuh kamu. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat dan selamat mencoba!

Posting Komentar

0 Komentar