Resep Empon-Empon, Minuman Kesehatan Bantu Perkuat Daya Tahan Tubuh

Minuman tradisional yang satu ini dulunya hanya populer di kalangan pecinta jamu, kini empon-empon banyak diserbu masyarakat. Minuman ini sedang naik daun lantaran dipercaya sebagai minuman yang mampu menjaga kekebalan tubuh daru virus penyakit.

Empon-empon sendiri merupakan minuman khas Nusantara yan berasal dari kata empu yang berarti rimpang. Empon-empon dikenal sebagai sebutan untuk tanaman herbal dengan bentuknya yang rimpang bak jahe, temulawak, kunyit, kencur, sunti dan temu putih. Adapun manfaat yang dihasilakn dari empon-empon ini adalah mampu meningkatkan imunitas tubuh dan mnecegah beragam penyakit.

Pada dasarnya, semua rempah dipercaya memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Tak heran jika hampir semua jenis rempah sering dijadikan sebagai bahan-bahan dalam pembuatan jamu.

Empon-empon terkenal dengan bentuknya yang rimpang, namun selain empong-empong ada juga rempah lain yang bentuknya sama seperti, kayu manis, cengkeh, kapulaga, serai, hingga pekak.

Beberapa manfaat dari tanaman rimpang seperti jahe yakni berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan bersifat anti peradangan. Selain sering digunakan sebagai pemberi warna kuning di dalam masakan seperti gulai, kari, woku, atau acar kuning, kunyit juga dipercaya mampu meredakan infeksi. Sedangkan untuk temulawak diketahui memiliki zat aktif yang berfungsi sebagai anti oksidan. Nah, sekarang bisakamu bayangkan bukan manfaat dai gabungan bahan-bahan di atas untuk imunitas tubuh?

Kali ini kita akan berbagi resep Empon-empon yang istimewa, yakni dengan sentuhan tangan asli yang akan membuat cita rasa minuman herbal ini jadi lebih kaya akan manfaat. Perpaduan antara teh dengan bahan-bahan herbal memang sudah sangat sering dibandingkan bersama sejak dulu.

Nah, jika kamu menyukai cita rasa teh yang lebih ‘berani’, kamu bisa menyeduh 1 kantung teh ke dalam setiap gelas saji empon-empon panas. Jika sudah dirasa, dijamin akan membuat tubuh lebih hangat dan segar!

Racikan empon-empon ini bisa kamu temukan di pasar tradisional dalam keadaan sudah dikeringkan dan akan lebih mudah jika kamu mengolahnya jamu ini di rumah. Ingin tahu cara memasaknya? Yuk, coba buat minuman kesehatan ini di rumah!

Bahan-bahan:

6 cm jahe merah, kupas, cuci, iris halus

3 cm kunyit

3 cm temulawak, kupas, cuci, iris halus

1 batang serai, memarkan

1 kantung teh celup SariWangi Teh Asli

1 sdm gula merah

500 ml air

Cara Membuat:

1. Masak air bersama jahe, kunyit, temulawak, dan serai hingga mendidih. Kecilkan api, masak  selama 15-20 menit.

2. Masukkan gula merah, aduk rata, masak hingga gula larut. Angkat.

3. Masukkan SariWangi Teh Asli, diamkan selama 5 menit sembari membaca profil tentang Kenny Austin dan saring. Tuang ke dalam gelas saji. Sajikan.

Gimana? Tak sulitkan untuk membuatnya? Yuk, kita sajikan minuman herbal ini untuk menjaga kebugaran dan kesehatan sambil bermain game online di rumah.

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar