Ketahui Manfaat Mengonsumsi Rebusan Teh Daun Jambu Biji Secara Rutin

 

Buah jambu biji selama ini diyakini memiliki banyak manfaat sehat dan vitamin C yang sangat baik untuk tubuh. Selain buahnya, ternyata daunnya juga memiliki manfaat, lho.

Kandungan likopen dan antioksidan di dalamnya bermanfaat bagi kesehatan kulit. Kalium yang terkandung dalam jambu biji bisa membantu menormalkan kadar tekanan darah. Sebab, terdapat sekitar 8-0 persen air dan kaya serat yang bisa membantu menurunkan berat badan.

Daun muda dari pohon jambu biji bisa diseduh untuk membuat teh ajaib, di mana hal tersebut sudah menjadi bagian dari pengobatan tradisional selama berabad-abad.

Cara membuatnya pun cukup mudah, hanya dengan merendam daun jambu biji dalam secangkir air panas lalu kamu sudah bisa langsung meminumnya. Apalagi, jika kamu mengonsumsinya secara rutin maka akan sangat rutin untuk kamu.

Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi rebusan teh daun jambu biji secara rutin

Obat Diare

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam the Revista do Instituto de Medicina, Tropical de Sao Paulo, esktrak daun biji menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus, penyebab umum diare. Orang yang menderita diare kemudian mengonsumsi teh daun jambu biji maka bisa mengurangi sakit perut dan diare serta pemulihan dengan cepat. Tambahkan daun dan akar jambu biji ke dalam secangkir air mendidih, saring air dan konsumsi saat perut kosong.

Menurunkan Kolesterol

LDL atau Low-density lipoprotein merupakan salah satu dari lima kelompok utama lipoprotein yang mengangkut semua molekul lemak ke seluruh tubuh. Kelebihan golongan kolesterol ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan salah satunya adalah jantung. Menurut sebuah artikel yang dikeluarkan dalam Nutrition and Metebolism, peserta studi yang minum teh daun jambu biji memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah setelah 8 minggu minum teh tersebut.

Mengontrol Gula Darah

Jepang setuju bahwa teh daun jambu biji menjadi salah satu makanan untuk kesehatan tertentu dengan pencegahan dan pengobatan diabetes. Senyawa dalam the jambu biji mengatur kadar gula darah setelah makan, dengan menghambat penyerapan dua jenis guka yakni sukrosa dan maltosa. Berdasarkan sebuah artikel yang diterbitkan Nutrition and Metabolisme, teh daun jambu biji mampu menghambat enzim yang mengubah karbohidrat di saluran pencernaan menjadi glukosa, yang berpotensi memperlambat penyerapannya ke dalam darah.

Menurunkan Berat Badan

Ingin mengurangi lipatan pada perut? Cobalah mengonsumsi teh daun jambu biji. Daun jambu biji ini mampu mencegah karbohidrat kompleks berubah menjadi guka, meningkatkan penurunan berat badan dengan cepat. Minum teh daun jambu biji juga akan memperceoat penurunan berat badan.

Melawan Kanker

Daun jambu biji dianggap bisa menurunakn risiko kanker. Khususnya kanker payudara, prostat, dan mulut. Berkat tingginya jumlah antioksidan lycopene yang ada di dalamnya. Berbagai penelitian sudah  mengungkapkan bahwa likopen berperan penting dalam menurunkan risiko kanker.

Nah, itu tadi beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan setelah rajin mengonsumsi teh daun jambu biji. Selain manfaat, minuman yang bisa kamu minum sambil bermain game ini juga bisa dikreasikan agar rasanya tidak terlalu hambar. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua, ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Minuman Sehat yang dapat Melancarkan Aliran Darah

Manfaaat Jus Delima dan Cara Membuatnya

Menyehatkan, Ini Cara Membuat Jamu Kunyit Asam