Jenis Minuman Sehat Untuk Anak

 

Selama ini orang tua sering kali membujuk anak untuk mengonsumsi makan makanan bergizi, namun agak melupakan bahwa si Kecil juga membutuhkan minuman yang sehat. Padahal cairan merupakan komponen yang sangat penting untuk kesehatan dan bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Misalnya, cairan sangat diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh dalam metabolisme, fungsi pencernaan, fungsi sel, pengaturan suhu, dan lainnya. Karena itulah, memilih minuman sehat sangat penting untuk kesehatan anak secara keseluruhan.

Lalu, apa saja sih jenis minuman sehat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi anak-anak? Simak ulasannya di bawah ini!

Daftar 5 Minuman Sehat Untuk Anak

Air Putih

Ketika anak sedang haus, sebaiknya para Ibu harus menawarkan air putih terlebih dahulu. Tak seperti kebanyakan minuman pada umumnya, air putih tidak mengandung kalori sehingga aman untuk anak-anak yang sulit makan atau malas makan karena air putih tidak akan membuat mereka merasa kenyang. Dengan rajin meminum air putih, berbagai manfaat untuk kesehatan akan kamu dapatkan. Salah satunya adalah mengurangi risiko gigi berlubang dan meningkatkan fungsi otak si Kecil.

Infused water

Jika anak agak susah minum air putih, para Ibu bisa mencoba “menyulap” air putih menjadi lebih memiliki rasa dengan memasukkan buah-buahan segar ke dalamnya. Ini yang dikenal dengan infused water. Keistimewaannya, air ini memiliki rasa namun bebas gula dan tidak ada kalori ekstra. Ibu bisa mencoba banyak kombinasi rasa untuk menemukan satu yang disukai anak, seperti lemon, nana-daun minta, timun-semangka, dan lainnya. Dengan begitu, biarkan anak untuk memilih rasa favorit mereka.

Air kelapa

Meskipun air kelapa mengandung kalori dan gula, namun tetap bisa menjadi pilihan yang lebih sehat daripada minuman bersoda. Air kelapa memiliki kandungan vitamin C, serta kalium, magnesium, kalsium, dan natrium yang bisa hilang melalui keringat saat anak beraktivitas. Hal tersebut akan membuat air kelapa menjadi alternatif minuman yang sangat baik untuk anak-anak yang aktif. Air kelapa juga bermanfaat ketika si Kecil sedang sakit, apalagi jika mereka perlu rehidrasi setelah terkena diare atau muntah.

Smoothie

Smoothie merupakan cara lezat untuk menyelipkan buah dan sayuran ke dalam hidangan anak. Smoothie diketahui sangat membantu memberikan nutrisi lebih sehat pada anak-anak yang sulit makan. Banyak sayuran seperti kangkung, bayam, kembang kol, yang bisa dicampurkan menjadi smoothie. Beberapa kombinasi smoothie yang biasanya disukai anak adalah nanas-bayam, blueberry-kembang kol, dan stoberi-bit, serta strawberry kiwi smoothie. Blender semua bahan-bahan dengan susu dan gunakan tambahan sehat seperti bubuk kakao.

Demikianlah seputar minuman sehat untuk anak yang direkomendasikan bagi para Ibu. Dari 4 minuman di atas, Ibu sering memberikan ke si Kecil yang mana nih? Komen di bawah ya!

 


Posting Komentar

0 Komentar