6 Minuman yang Mampu Menurunkan Kolesterol Usai Menyantap Daging Kurban

 

Usai umat Islam merayakan Idul Adha dan menyembelih hewan kurban, pasti kita akan langsung menyantap olahan dengan bahan dasar daging bak gulai, rendang, opor, semur, dan olahan lainnya.

Hal ini seringkali membuat kita kalap mengkonsumsi olahan daging dalam porsi banyak. Setelah memakannya, maka risiko peningkatan kolesterol dalam darah akan menghantui kesehatan kita. Di mana seseorang yang mengalami kadar kolesterol tinggi dapat memicu beragam penyakit, seperti serangan jantung meningkat, stroke, dan lainnya.

Nah, untuk mencegah datangnya berbagai penyakit pasca menyantap olahan daging kurban, berikut infomasi tentang minuman yang mampu menurunkan kolesterol kamu. Apa saja sih? Yuk simak ulasan di bawah ini!

1. Teh Hijau

Minuman penurun kolesterol usai lebaran yang baik untuk kamu minum setelah menyantap berbagai olahan daging adalah teh hijau. Kandungan catechin dan polifenol yang ada pada teh hijau akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, minuman ini juga dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung kamu, lho.

2. Jus Apel

Jus Apel adalah salah satu jenis minuman yang kaya akan serat dan polifenol yang dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, polifenol yang terdapat di dalam segelas jus apel juga dipercaya mampu menurunkan risiko terjadinya penyumbatan dalam darah.

3. Jus Jeruk

Jus jeruk merupakan minuman yang mengandung antioksidan sangat tinggi, khususnya flavonoid, carotenoid, dan asam askorbat. Penting untuk kamu ketahui, apabila rutin mengonsumsi minuman yang satu ini, maka kadar kolesterol dalam darah kamu akan menurun, lho.

4. Kunyit Asam

Kunyit asam merupakan minuman tradisional yang sudah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan Nutrition Journal pada tahun 2017 lalu, menunjukkan bahwa kadar kolesterol pada orang yang mengonsumsi kurkumin menurunkan daripada dengan mereka yang sama sekali tidak mengonsumsinya.

5. Susu Kedelai

Minuman selanjutnya yang dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah adalah susu kedelai. Jika kamu rutin mengonsumsi ½ gelas susu kedelai, maka kolesterol LDL akan turun hingga 5-6 persen.

6. Jus Alpukat

Buah alpukat merupakan sumber dari lemak tak jenuh yang dipercaya sangat baik untuk dikonsumsi, khususnya bagi mereka yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Selain baik untuk dikonsumsi, buah ini juga mampu meningkatkan kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah.

Nah, jika kamu ingin membuat jus alpukat, ada baiknya jangan tambahkan gula, ya. Alternatif pengganti gula yang bisa kamu konsumsi adalah dengan menggunakan madu. Selain itu, selagi kamu meminum salah satu minuman di atas, sebaiknya sambil bermain game Free Fire ya agar menghilangkan rasa bosanmu.

Semoga artikel kali ini bisa menambawah wawasan dan ilmu kita semua, ya. Selamat mencoba!

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Minuman Sehat yang dapat Melancarkan Aliran Darah

Manfaaat Jus Delima dan Cara Membuatnya

Menyehatkan, Ini Cara Membuat Jamu Kunyit Asam