5 Manfaat Secangkir Kopi Hitam untuk Kesehatan

 

Meminum atau mengonsumsi kopi menjadi salah satu cara yang dianjurkan untuk mencegah rasa kantuk di tengah padatnya aktivitas. Minuman yang populer di seluruh antero ini memang mengandung kafein yang dikenal mampu membuat tubuh lebih berenergi dan bersemangat.

Lantas, tahukah kamu bahwa secangkir kopi hitam bisa menciptakan manfaat bagi kesehatan? beberapa penelitian sampai kekalangan artis seperti Kenny Austin pun sudah membuktikannya. Mereka menilai jika mengkonsumsi kopi secukupnya, akan merasakan benefit untuk tubuhmu.

Berikut 5 manfaat secangkir kopi hitam bagi kesehatan tubuh:

1. Menjaga Fungsi Otak

Jika kamu rutin meminum secangkir kopi hitam akan membantu mencegah penurunan fungsi otak. Sebuah penelitian menunjukkan, minuman ini mampu menurunkan risiko Alzheimer hingga dimensia. Adapun kandungan kopi hitam ini juga disebut mampu memperlambat menurunkan fungsi otak akibat dari pertambahan usia.

2. Menurunkan Berat Badan

Jika kamu yang saat ini sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan. Meminum kopi hitam tanpa gula bisa membantu. Pasalnya, kandungan kafein dalam kopi hitam bisa menambah metabolisme dan mempercepat pembakaran lemak.

Namun, jangan salah. Hal tersebut tidak akan membuat berat badanmu turun secara drastis ya. Ahli diet Diane Vitzthum menegaskan bahwa, kamu harus tetap menjalani program lainnya untuk menurunkan berat badan, karena kopi hanya menjadi pendukung dalam elemen gaya hidup.

3. Kemampuan Mengingat jadi Lebih Baik

Secangkir kopi jika dikonsumsi setiap hari disinyalir bisa membantu melindungi otak. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kopi hitam bisa mencegah penyakit Alzheimer juga Parkinson. Adapun dampak baik yang bisa dirasakan adalah membantu menguatkan daya ingat.

"Kita selalu tahu bahwa kafein punya efek meningkatkan kognitif, tapi terutama pada menguatkan kemampuan mengingat dan membuatnya tidak mudah dilupakan belum diteliti secara detail pada manusia. Kami melaporkan efeknya untuk pertama kali spesifik pada kafein dalam mengurangi lupa lebih dari 24 jam," kata Michael Yassa, asisten profesor ilmu otak dan psikologi di Johns Hopkins University, mengutip dari laman Johns Hopkins University.

4. Menyehatkan Pencernaan

Sebagai orang pasti pernah merasakan dorongan hebat untuk buang air besar (BAB) setelah mengkonsumsi kopi hitam. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Katrena kafein sendiri mampu merangsang pergerakan otot di usus sehingga akan membantu melancarkan pembuangan.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa kopi dapat mengurangi risiko pankreatitis, batu empedu dan penyakit kantong empedu," imbuh Lauri Wright, ahli gizi, mengutip dari Eat This, Not That!.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Liver

Manfaat kopi hitam bagi kesehatan tubuh yang terakhir adalah mampu melindungi organ hati atau liver. Ahli gizi, Elizabeth Spencer menyebut, konsumsi secara moderat (1-4 cangkir per hari) membantu liver melawan sirosis yang berkaitan dengan konsumsi alkohol, perlemakan hati yang tidak berhubungan dengan konsumsi alkohol, kanker hati dan hepatitis C.

"Pertumbuhan jaringan parut yang mengarah ke fibrosis hati diperlambat oleh produksi bahan kimia yang disebut paraxanthine. Paraxanthine diproduksi ketika tubuh mencerna kafein pada kopi, membuat peminum kopi memiliki risiko 84 persen lebih rendah terkena penyakit sirosis. Setidaknya 2-3 cangkir kopi kaya antioksidan dapat mengurangi 38 persen risiko terkena kanker hati," jelasnya.

Itulah 5 manfaat secangkir kopi hitam untuk kesehatan. Pasti sebagian dari kamu si pecinta kopi ada yang bermain game kan? Nah, ada baiknya nih sambil memainkannya sesekali kamu meyeruput kopi agar rasa kantuk yang ada hilang dan mata akan jreng. Tapi ingat jangan terlalu berlebihan dan secukupnya saja, ya.  Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua, ya. Terimakasih!

 


Posting Komentar

0 Komentar