Manfaat Jus Sawi Nenas Bagi Kesehatan Tubuh


Sawi dikenal sebagai salah satu sayuran hijau yang disebut-sebut kaya akan manfaat serta mengandung banyak nutrisi. Sedangkan nanas terkenal akan kandungan vitamin C yang tinggi. Buah ini juga mengandung vitamin B1, vitamin B6, serta kandungan folat. Masih banyak lagi kandungan dari vitamin C, kamu dapat mencarinya melalui mesin pencari yandex.

Kedua bahan tersebut dapat dikombinasikan dengan cara diolah menjadi jus yang tentunya akan member banyak keuntungan bagi tubuh. Selain bermanfaat, rasa yang dihasilkan juga sangat menyegarkan dan cocok dikonsumsi untuk melepas dahaga.

Ditambah lagi, kandungan fitonutrien tinggi dalam jus sawi nanas mampu mengurangi stres oksidatif yang menjangkiti sel-sel dalam tubuh. selain itu, manfaat jus sawi nanas bahkan mampu untuk membantu pencegahan kanker payudara, usus besar, kandung kemih, prostat, ovarium, dan paru-paru.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat yang dihasilkan dari mengonsumsi jus sawi nanas. Apa saja itu? Simak pembahasan berikut ini.

1. Kaya Antioksidan

Jus sawi nanas mengandung antioksidan tinggi. Dengan mengombinasikan sawi dengan nanas, akan mampu menambah efektifitas dalam menangkal radikal bebas. Selain vitamin C dan A, terdapat juga asam hydroxycinnamic, isothamnetin, quercetin, dan kaempferol yang merupakan fitonutrien antioksidan kunci yang terdapat pada manfaat jus sawi nanas.

Perlu diketahui bahwa kandungan fitonutrien tinggi dalam jus sawi nanas mampu mengurangi stres oksidatif yang menjangkiti sel-sel dalam tubuh. selain itu, manfaat jus sawi nanas bahkan mampu untuk membantu pencegahan kanker payudara, usus besar, kandung kemih, prostat, ovarium, dan paru-paru.

2. Meningkatkan Imun Tubuh dan Mengatasi Peradangan

Jus sawi dan nenas mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan jumlah granulosit dalam darah. Granulosit - Basofil, Eosinofil, dan Neutrofil - adalah sel darah putih yang bertanggung jawab untuk melawan virus dan bakteri.

Disamping itu, kandungan asam amino esensial dan non esensial, antioksidan, serta vitamin A yang tinggi dalam jus sawi dan nanas dapat membantu mengatasi peradangan.

3. Mendetox Tubuh

Jus sawi dan nenas dapat bermanfaat sebagai pembersih ampuh yang membuat tubuh menjadi alkali dan membantu melancarkan metabolisme. Kandungan vitamin B dalam buah nanas berkhasiat merangsang fungsi otak untuk mengurangi tingkat stress dan ketegangan. Selain itu, nanas mengandung Triptofan - asam amino yang terlibat dalam produksi Serotonin (hormon bahagia).

4. Memelihara Kesehatan Mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin pada sawi sangat bagus untuk kesehatan mata. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan ini mampu melindungi retina dari kerusakan oksidatif dan membantu menyaring cahaya biru.

Selain itu, lutein telah terbukti mengurangi risiko degenerasi makula, suatu kondisi yang menyebabkan beberapa orang kehilangan penglihatan seiring bertambahnya usia.

5. Sebagai Anti Inflamasi

Manfaat jus sawi nenas lainnya adalah sebagai anti-inflamasi. Jus sawi dan nanas dapat mencegah peradangan kronis serta dapat mengurangi risiko terjangkit penyakit arthritis serta bengkak-bengkak lainnya. Hal itu karena didalam nanas terdapat kandungan vitamin K dan asam lemak omega-3 yang berfungsi memperkuat sistem imun tubuh.

Nah, itulah dia penjelasan mengenai jus sawi nanas beserta segudang manfaatnya. Namun, dalam menjaga kesehatan tubuh tentunya harus diikuti dengan pola hidup sehat juga.

Posting Komentar

0 Komentar