Manfaat Teh Rosella yang Tidak Bisa Diremehkan, Apa Saja?


Bosan dengan sajian teh tradisional yang itu-itu saja? Tak ada salahnya anda mencoba teh yang terbuat dari bunga rosella yang akan mengeluarkan warna merah menyala bila diseduh.

Bunga rosella yang memiliki nama latin Hibiscus sabdariffa ini adalah tumbuhan jenis semak yang tergolong dalam kelompok Malvaceae. Tanaman ini berasal dari Afrika, dan sudah banyak dibudidayakan di wilayah tropis dan subtropis, seperti India dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Tanaman rosella kerap diolah menjadi berbagai macam produk, salah satunya adalah teh herbal. The rosella terbuat dari campuran daun, kelopak, dan pucuk bunganya. Karena rasanya yang asam, teh rosella sering disebut sour tea.

Sebelum menikmati teh berbahan dasar bunga rosella, ada baiknya kita mengetahui apa saja kandungan dari tanaman tersebut. berikut penjelasannya.

Kandungan Bunga Rosella

Olahan teh bunga rosella secara alami tidak mengandung kalori dan kafein layaknya teh tradisional pada umumnya. Warna merah menyala dari bunga rosella dipercaya didapat dari kandungan antosianin atau senyawa turunan polifenol yang memang terdapat pada tumbuhan berwarna mencolok.

Selain itu, kandungan lain yang terdapat dalam bunga rosella adalah vitamin dan mineral. Dalam 57 gram bunga rosella terdapat 123 mg kalsium, 0,84 mg zat besi, 6,8 mg vitamin C, 29 mg magnesium, 6,45 g karbohidrat, 21 mg fosfor, 119 mg potasium, 0,016 mg vitamin B2, dan sedikit Vitamin A.

Manfaat Teh Rosella Bagi Kesehatan

Khasiat yang didapat dari teh rosella ini tidak terlepas dari kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga mampu menangkal radikal bebas yang dapat menjadi pemicu kerusakan sel dan jaringan tubuh.

Selain itu, manfaat lain yang didapat ketika mengonsumsi teh rosella, antara lain :

1. Menurunkan kolesterol

Kandungan teh rosella dipercaya mampu menghambat penyerapan asam lemak jenuh serta menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Tak hanya itu, teh rosella juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, menurunkan kadar kolesterol total, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

2. Menurunkan tekanan darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak tanaman rosella berkhasiat manurunkan tekanan darah pada penderita sindrom metabolik. Penyakit ini ditandai dnegan tekanan darah, gula darah, serta berat badan.

Selain itu, minuman sehat ini juga diketahui dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah hipertensi. Namun, penggunaan teh rosella sebagai obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi tentunya harus dikonsultasikan lebih dulu dnegan dokter.

3. Mencegah penyakit jantung

Selaras dengan khasiat teh rosella untuk mengatasi kolesterol tinggi dan menurunkan tekanan darah, membuat minuman teh rosella juga berkontribusi dalam mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, aterosklerosis, dan stroke.

4. Mencegah risiko obesitas

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kandungan antioksidan polifenol dalam tanaman rosella mampu menghambat dan mengurangi penumpukan jaringan lemak dalam tubuh, sehingga membantu mencegah obesitas. Namun, anda juga sebaiknya ruitin berolahraga dan menjalani pola makan sehat.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai teh rosella dan khasiatnya bagi kesehatan. Aka tetapi, meski dianggap baik untuk kesehatan, manfaat teh rosella masih perlu diteliti lebih lanjut.

Hal ini dikarenakan jumlah konsumsi teh rosella yang aman dan efektivitasnya belum diketahui secara pasti. Untuk menghindari risiko yang fatal, sebaiknya konsultasikan pada dokter terlebih dahulu ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Minuman Sehat yang dapat Melancarkan Aliran Darah

Manfaaat Jus Delima dan Cara Membuatnya

Menyehatkan, Ini Cara Membuat Jamu Kunyit Asam