Tidak Hanya Untuk Mata, Ini 6 Manfaat Jus Wortel Bagi Kesehatan


Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya wortel. Jika biasanya wortel dimasak menjadi sup, tumis, atau pelengkap bakwan, tidak ada salahnya Moms mencoba membuatnya sebagai jus.

Wortel mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Tubuh yang kekurangan vitamin A rentan mengalami penurunan kemampuan penglihatan. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya bagi Anda untuk mengonsumsi jus wortel secara rutin.

Sayur berwarna oranye ini dikenal kaya akan serat dan vitamin A yang bagus untuk menjaga kesehatan mata. Selain menjaga kesehatan mata, ternyata masih banyak manfaat jus wortel. Berikut ini adalah penjelasan terkait manfaat jus wortel bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Jus Wortel

Menurut United States Department of Agriculture National Nutrient Database, satu gelas jus wortel umumnya mengandung :

• 94 kalori

• 2,24 gr protein

• 0,35 gr lemak

• 21,90 gr karbohidrat

• 1,90 gr serat

• 689 mg potassium

• 20,1 mg vitamin C

• 0,217 mg tiamin

• 0,512 mg vitamin B6

• 2,256 mikrogram (μg) vitamin A

• 36,6 μg vitamin K

Manfaat Jus Wortel

1. Vitamin A Booster

Jus wortel bermanfaat sebagai vitamin A booster. Seperti yang sudah kita ketahui, vitamin A sangat bagus untuk kesehatan mata. Vitamin A banyak terkandung di buah dan sayuran yang berwarna merah dan oranye, seperti wortel, jeruk, dan labu. Wortel juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, dan kombinasi keduanya dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia, yang merupakan sejenis kehilangan penglihatan. Tidak hanya untuk kesehatan penglihatan saja, vitamin A juga bagus untuk menjaga imun agar badan tetap sehat.

2. Menurunkan risiko kanker

Kandungan antioksidan pada wortel membantu menghentikan kerusakan sel akibat berkembangnya sel kanker. Dalam sebuah penelitian, ekstrak jus wortel digunakan selama 72 jam dalam perawatan sel leukemia dan sel-sel kontrol nontumor yang merangsang kematian sel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wortel mengandung bahan kimia bioaktif yang efektif untuk menghentikan perkembangan penyakit ini dan mengobati leukemia. Studi lain juga menemukan bahwa makanan yang kaya betakaroten dapat menurunkan risiko seseorang terkena kanker prostat.

Kandungan karetenoid yang tinggi pada jus ini juga dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara secara keseluruhan. Studi yang dilakukan pada penderita penyakit ini melihat bahwa kandungan karetenoid mampu menurunkan risiko stres oksidatif dan peradangan dalam darah. Selama penelitian, peserta mengonsumsi 8 ons jus wortel atau setara dengan 227 gram setiap hari selama 3 minggu.

3. Memperkuat fungsi otak

Kandungan beta karoten pada jus wortel dapat memperkuat fungsi otak dan meningkatkan daya ingat. Stres oksidatif yang diakibatkan oleh polusi udara dan faktor lainnya bisa menyumbang kerusakan sel otak dan sel saraf. Kondisi ini mampu melemahkan sinyal saraf dan mengurangi fungsi kognitif otak. Tak hanya itu, zat ini juga bermanfaat untuk mengurangi risiko demensia seiring dengan pertambahan usia.

4. Menjaga imunitas

Karena tidak dimasak dan disajikan dalam keadaan fresh, semua nutrisi penting dalam wortel akan didapatkan oleh tubuh saat mengonsumsi jus wortel. Meminum segelas jus wortel setiap hari dipercaya meningkatkan sistem kekebalan tubuh dapat  secara optimal. Selain membantu tubuh melawan kerusakan akibat radikal bebas, wortel juga memberi perlindungan dari bberbagai bakteri berbahaya, virus, dan peradangan. Jus wortel juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti B6, K, kalium, fosfor, dan masih banyak lagi.

5. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan antioksidan dan mineral esensial seperti potasium dalam wortel, berkontribusi dalam mencegah degradasi sel, sehingga menjaga kulit para Moms tetap sehat dan awet muda. Wortel juga mengandung retinol, biotin, dan lycopene yang dapat berperan sebagai "tameng kulit." Alhasil, kulit akan lebih sehat dan glowing ketika mengonsumsi jus wortel.

6. Menurunkan kolesterol

Wortel merupakan sumber kalium yang baik. Biasanya, orang yang melakukan diet rendah kolesterol makanan yang dikonsumsi tinggi akan potasium. Oleh karena itu, rutin mengonsumsi jus wortel mampu membantu Anda menjaga kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol yang rendah mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Akan lebih baik jika membuat sendiri ramuan jus wortel di rumah dibandingkan dengan membelinya di luar. Selain lebih sehat dan higienis, anda juga bisa mengkreasikan sendiri jus wortel sesuai selera anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Minuman Sehat yang dapat Melancarkan Aliran Darah

Manfaaat Jus Delima dan Cara Membuatnya

Menyehatkan, Ini Cara Membuat Jamu Kunyit Asam