Manfaat Jus Nanas yang Wajib Diketahui


Apakah kamu suka buah nanas? Perpaduan rasa asam dan manis pada  nanas menjadikan buah ini cocok untuk dijadikan jus. Tak hanya enak, ada beragam manfaat jus nanas untuk kesehatan salah satunya memulihkan suara kamu yang serak karena lelah bernyanyi atau menyanyikan lagu chord aku bukan jodohnya. Berikut manfaat lainnya dari buah nanas.

Kandungan Gizi Buah Nanas

Mengutip FoodData Central, U. S. Department of Agriculture, dalam satu cangkir (240 ml) buah nanas terkandung nutrisi sebagai berikut :

Kalori : 132

Protein : kurang dari 1 gram

Lemak : kurang dari 1 gram

Karbohidrat : 33 gram

Gula : 25 gram

Serat : kurang dari 1 gram

Mangan : 55 % dari kebutuhan harian

Tembaga : 19 % dari kebutuhan harian

Vitamin B6 : 15 % dari kebutuhan harian

Vitamin C : 14 % dari kebutuhan harian

Tiamun : 12 % dari kebutuhan harian

Folat : 11 % dari kebutuhan harian

Kalium : 7 % dari kebutuhan harian

Magnesium : 7 % dari kebutuhan harian

Manfaat Jus Nanas

Nah, untuk mengetahui lebih jelas, simak manfaat dari jus nanas berikut ini

1. Memiliki sifat anti peradangan

Nanas merupakan sumber utama enzim proteolitik yang disebut bromelain yang mengandung sifat anti peradangan yang berguna dalam pengobatan cedera olahraga. Zat ini dapat mengurangi peradangan, memar, pembengkakan serta membersihkan sel-sel yang rusak.

2. Sebagai antioksidan

Nanas mengandung antioksidan yang menyehatkan. Antioksidan adalah molekul yang membantu tubuh melawan senyawa oksidatif, yaitu keadaan dimana terdapat terlalu banyak radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas ini berinteraksi dengan sel tubuh dan menyebabkan kerusakan yang terkait dengan peradangan kronis. Apabila sistem kekebalan tubuh lemah, maka akan rentan terserang penyakit. Mengonsumsi jus nanas akan mencukupi asupan flavonoid dan asam fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan.

3. Melancarkan pencernaan

Nanas mengandung sekelompok enzim pencernaan yang dikenal sebagai bromelain. Enzim ini berfungsi sebagai protease, yang memecah molekul protein, seperti menjadi asam amino dan peptida. Setelah molekul protein dipecah, mereka lebih mudah diserap di usus kecil. Ini dapat sangat membantu bagi orang dengan gangguan pankreas, suatu kondisi di mana pankreas tidak dapat membuat cukup enzim pencernaan.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Jus nanas mengandung vitamin C yang dapat membantu melindungi anda dari penyakit jantung. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C lebih tinggi dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

5. Berpotensi sebagai agen antikanker

Bromelain dalam jus nanas berpotensi menjadi agen dalam melawan kanker. Zat ini bahkan dapat bekerja sama dengan kemoterapi untuk menekan pertumbuhan sel kanker. Selain itu, jus nanas juga mengandung beta-karoten yang mampu melindungi tubuh dari risiko kanker prostat dan usus besar. Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk hal ini.

6. Mengurangi sembelit dan kembung

Jus nanas dianggap dapat mengatasi masalah pencernaan. Kandungan bromelain dalam jus nanas bisa memecah protein lebih cepat sehingga mempercepat proses pencernaan. Oleh karena itu, masalah pencernaan, seperti sembelit dan kembung, dapat diatasi.

7. Meredakan batuk

Kandungan dalam jus nanas dipercaya untuk mengobati batuk karena dapat mengencerkan lender sehingga mudah dikeluarkan saat batuk. Nutrisi yang terkandung di dalamnya, yakni bromelain juga bisa membantu mengurangi gejala batuk. Sementara, kandungan vitamin C dalam jus nanas dapat mempercepat pemulihan.

8. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C dan beta karoten pada jus nanas dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, meminimalkan kerusakan kulit akibat sinar matahari atau polusi dan mendorong pembentukan kolagen yang berguna dalam menjaga kesehatan kulit anda.

Itula informasi tentang manfaat jus nanas. Namun, orang dengan alergi lateks juga cenderung alergi saat makan nanas. Jika setelah mengonsumsi jus nanas timbul gejala alergi, segera periksakan diri anda ke dokter.

Posting Komentar

0 Komentar