Khasiat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan


Air kelapa sering dijadikan pilihan minuman yang dikonsumsi untuk melepas dahaga selepas membaca ayat seribu dinar saat cuaca panas. Namun, manfaat air kelapa tidak hanya sekedar untuk menghilangkan rasa haus, tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh. Selain bisa mengatasi gejala ringan, konsumsi air kelapa juga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Kandungan air kelapa muda dalam 1 cangkir atau sekitar 240 ml air kelapa murni, terkandung 46 kalori dan beragam nutrisi seperti :

Karbohidrat

Serat

Protein

Vitamin C

Mineral, seperti magnesium, kalium, dan kalsium

Antioksidan

Banyak minuman berektrolit yang terbuat dari air kelapa muda. Minuman ini digunakan sebagai pengganti elektrolit yang hilang atau juga digunakan sebagai penetral racun. Air kelapa muda memiliki rasa manis dan memiliki kandungan gula dan elektrolit. Berbeda dengan santan atau minyak kelapa, air kelapa muda tidak memiliki kandungan lemak.

Khasiat air kelapa muda dipercaya dapat membantu pencernaan, melancarkan buang air kecil, bahkan produksi air mani. Secara tradisional, manfaat air kelapa muda untuk mengatasi dehidrasi. Di samping itu, ada pula berbagai manfaat air kelapa muda lainnya yang menarik untuk diketahui. 

Penasaran apa saja manfaat air kelapa muda? berikut ulasannya!

1. Baik Untuk Pencernaan

Air kelapa diklaim mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Biasanya, air kelapa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, dan gangguan ginjal.

Air kelapa berguna saat Anda terkena diare karena dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal.

Air kelapa muda mempunyai osmolaritas tinggi karena terdapat kandungan asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak. Ini merupakan komposisi cairan yang seimbang pada minuman untuk mencegah dehidrasi yang mungkin terjadi akibat gangguan pencernaan.

2. Mengatasi Dehidrasi

air kelapa muda memiliki kandungan mineral yang sangat baik untuk membantu menjaga tubuh dari masalah dehidrasi. Kandungan mineral pada air kelapa hijau disebut-sebut jauh lebih tinggi daripada air kelapa tua. 

Lihat Juga: 7 Minuman Olahraga Terbaik yang Menyegarkan Tubuh

Dalam sebuah jurnal internasional yang terbit di tahun 2018 yang lalu mengungkapkan jika satu dari manfaat luar biasa air kelapa muda yaitu mencegah dehidrasi. Hal ini karena kandungan mineral di dalam buahnya ini mampu mengimbangi jumlah elektrolit di dalam tubuh.

Sehingga, hanya dengan meminum satu gelas air kelapa muda bisa membuat tubuh terhidrasi dengan baik.

3. Memperlancar Siklus Menstruasi

Taj jarang perempuan pasti pernah mengalami gangguan ketika memasuki siklus menstruasinya. Hal ini tentu membuat para wanita begitu khawatir dan cemas. Air kelapa muda bisa membantu mengatasi masalah siklus bulanan yang kerap dihadapi wanita tersebut.

Salah satunya, dengan mengonsumsi air kelapa muda secara rutin. Hal ini karena, air kelapa muda umumnya mengandung senyawa yang bersifat antibakteri dan antijamur. Karena itulah, siklus menstruasi bulanan pada wanita akan lebih teratur.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Di dalam Jurnal PubMed tahun 2012 disebutkan jika air kelapa muda bisa jadi alternatif pilihan untuk mencegah resiko serangan penyakit jantung. Riset tersebut mengungkapkan jika kandungan dalam air kelapa muda mampu membuat sirkulasi peredaran darah menjadi lebih lancar.

Hal ini, karena air kelapa memiliki kadar phenol yang cukup tinggi, di mana kandungan tersebut berperan menjaga tubuh dari paparan radikal bebas. Sehingga, masalah dalam sistem kardiovaskular bisa ditekan resikonya.

5. Mencegah Risiko Penyakit Batu Ginjal

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi air kelapa muda secara rutin dapat mencegah terjadinya penumpukan kristal di organ ginjal serta bagian lainnya di saluran kemih. Inilah yang membuat air kelapa muda diyakini keefektifannya untuk mencegah risiko penyakit batu ginjal.

6. Sebagai Detoksifikasi Alami

Air kelapa muda mengandung banyak mineral yang memiliki sifat anti racun. Kombinasi dari kandungan baik didalamnya dipercaya mampu membantu tubuh untuk membuang racun dengan begitu mudah. Karenanya, banyak yang menggunakan air kelapa sebagai detoksifikasi alami dan membuat tubuh lebih segar.

Itulah informasi mengenai air kelapa muda dan segudang manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Apabila anda mengalami keluhan setelah mengonsumsi air kelapa, konsultasikan keluhan anda ke dokter agar dilakukan pemeriksaan dan penanganan.


Posting Komentar

0 Komentar