7 Manfaat Jus Alpukat yang Wajib Kamu Ketahui

 


Salah satu jus yang dikenal memiliki manfaat yang banyak untuk Kesehatan adalah jus alpukat. Di bawah ini, kami akan memberikan manfaat jus alpukat untuk Kesehatan yang wajib kamu ketahui.

Alpukat merupakan salah satu buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Teksturnya yang lembut dengan rasa yang tak terlalu manis, ternyata mengandung kandungan asam lemak tunggal yang baik untuk kesehatan. Selain itu, buah alpukat mengandung vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Buah alpukat dapat diolah dengan berbagai cara, salah satunya dijadikan jus. Cara ini dapat menjadi pilihan bagi orang yang tidak terlalu suka memakan buahnya secara langsung. Jus alpukat tetap mengandung sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Nah di bawah ini kami akan memberikan manfaat jus alpukat yang wajib kamu ketahui.

1. Mengandung Banyak Kalium

Buah alpukat mengandung kalium yang sangat tinggi mencapai 14 persen yang mana lebih tinggi dari pisang. Seperti yang kita ketahui jika asupan kalium yang tinggi diberikan untuk tubuh maka akan membantu menurunkan tekanan darah, yang merupakan salah satu faktor risiko utama serangan jantung, gagal ginjal, dan stroke.

2. Memiliki Kandungan Serat Tinggi

Dikutip dari laman doktersehat, Departemen Internal Medicine dan Ilmu Program Gizi yang ada di Universitas Kentucky, Amerika Serikat, menyebutkan jika alpukat adalah salah satu buah yang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi.

Asupan serat yang cukup untuk tubuh akan membantu kita mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, hingga menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

3. Menjadi Bahan Detoks Alami

Manfaat jus alpukat juga bisa digunakan sebagai bahan detoks alami yang akan membantu tubuh membuang racun. Alpukat juga dikatakan mampu membantu mencegah kelebihan kadar homosistein dalam tubuh.

Kandungan homosistein yang terlalu banyak bisa membuat gangguan produksi hormon seperti serotonin, dopamine dan lainnya yang bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan dan akan mudah terkena stres.

4. Menurunkan Kolesterol

Buah Alpukat dipercaya mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Alpukat mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral serta rendah lemak jenuh.

Maka dari itu, alpukat merupakan jenis buah yang sangat bagus jika dikonsumsi secara rutin.

5. Menyehatkan Mata

Selain membantu untuk menyerap antioksidan, jus alpukat juga memiliki antioksidan yang cukup kuat. Selain itu, alpukat juga bagus untuk meningkatkan penglihatan sekaligus mencegah berbagai masalah mata seperti katarak, glaukoma, dan astigmatisme. Hal ini dikarenakan alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin yang membantu menteralkan radikal bebas.

6. Membantu Penyerapan Nutrisi

Beberapa nutrisi larut dalam lemak, yang berarti bahwa  perlunya nutrisi dikombinasikan dengan lemak untuk dimanfaatkan. Vitamin A, D, E, dan K bersama dengan antioksidan seperti karotenoid adalah beberapa dari nutrisi yang perlu dikonsumsi dengan lemak. Manfaat jus alpukat memberikan semua lemak sehat secara dramatis dan meningkatkan nilai gizi makanan nabati lainnya.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Alpukat merupakan makanan yang sangat cocok dikonsumsi bagi seseorang yang tengah menjalani program diet. Dalam sebuah penelitian mengungkapkan jika konsumsi alpukat akan membuat seseorang merasa 23% lebih kenyang dan memiliki sekitar 28% lebih rendah untuk makan dalam 5 jam berikutnya dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi alpukat atau jus alpukat.

Untuk itu mengonsumsi alpukat dalam jangka panjang bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

Nah, itulah 7 manfaat jus alpukat yang baik untuk Kesehatan. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat dan selamat mencoba!

Posting Komentar

0 Komentar