10 Manfaat Jus Buah Blueberry yang Jarang Diketahui


Rasa asam dan sedikit manis pada buah blueberry membuat buah ini menjadi buah kegemaran banyak orang. Rasanya hampir serupa dengan anggur merah dan hijau, tetapi sedikit lebih manis. 

Selain itu, mengonsumsi buah ini setiap hari juga baik untuk kesehatan. Apalagi jika dijadikan jus buah blueberry, berbagai kandungan nutrisi yang ada pada buah ini membuat kesehatan tubuh menjadi lebih optimal. Lantas, apa saja kandungan dan manfaat buah blueberry untuk kesehatan tubuh? 

Kandungan Nutrisi dalam Buah Blueberry

Bluberi menjadi salah satu buah yang terkenal sebagai superfood. Buah ini dapat tingkatkan kadar oksigen . Kira-kira, blueberry tumbuh di daerah apa? Bluberi umumnya tumbuh pada daerah yang memiliki banyak sinar matahari.  Namun, pastikan tanamannya tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Sebab, terlalu banyak sinar matahari menyebabkan bunga lebih banyak daripada buahnya.

Tidak heran jika buah ini terkenal sebagai buah super, mengingat banyak sekali nutrisi baik pada di dalamnya. Dalam satu cangkir blueberry atau setara dengan 148 gram, mengandung beragam nutrisi berikut ini:

Kalori sebanyak 84 gram.

Protein sebanyak 1,1 gram.

Lemak sebanyak 0,49 gram.

Karbohidrat sebanyak 21,45 gram.

Serat sebanyak 3,6 gram.

Gula sebanyak 14,74 gram.

Kalsium sebanyak 9 miligram.

Zat besi sebanyak 0,41 miligram.

Kalium sebanyak 114 miligram.

Magnesium sebanyak 9 miligram.

Fosfor sebanyak 18 miligram.

Natrium sebanyak 1 miligram.

Zink sebanyak 0,24 miligram.

Folat sebanyak  9 miligram.

24 persen asupan vitamin C harian.

5 persen asupan vitamin B6 harian.

36 persen asupan vitamin K.

Buah ini mengandung 0 kolesterol, sehingga aman dikonsumsi oleh pengidap hipertensi. 

Banyaknya kandungan nutrisi di dalam buah, tidak heran jika blueberry dapat menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tak hanya blueberry, kamu juga harus tahu berbagai jenis buah beri lain dan manfaatnya melalui artikel ini: Ini Berbagai Jenis Buah Berry dan Manfaatnya untuk Kesehatan.

Manfaat Jus Buah Blueberry

Berikut adalah beberapa manfaat dan kandungan nutrisi dalam buah blueberry untuk kesehatan tubuh:

1. Menjaga kesehatan jantung

Blueberry mengandung antioksidan dan sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi penumpukan lemak dan kerusakan pada pembuluh darah jantung. Hal ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Menunjang kesehatan otak

Blueberry dapat membantu menjaga kesehatan otak, termasuk daya ingat dan konsentrasi. Kandungan nutrisi dalam buah ini, bersama dengan pola hidup sehat, dapat mengurangi risiko kerusakan otak seiring bertambahnya usia.

3. Mencegah penuaan dini

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam blueberry dapat merangsang pembentukan kolagen kulit dan melawan tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan kerusakan akibat paparan sinar UV.

4. Menurunkan risiko kanker

Blueberry mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker paru-paru, mulut, prostat, dan usus besar.

5. Menjaga kadar gula darah

Blueberry dapat membantu menjaga kadar gula darah karena kandungan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan di dalamnya. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik bagi penderita diabetes dalam mengontrol kadar gula darah.

6. Menjaga kolesterol tetap sehat

Kandungan antioksidan dalam blueberry dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan jantung.

7. Menurunkan tekanan darah

Konsumsi blueberry dapat membantu menurunkan tekanan darah, bahkan dapat membantu pengidap hipertensi mengontrol tekanan darah mereka.

8. Meningkatkan kemampuan mengingat

Blueberry mengandung antioksidan yang dapat melindungi otak dari kerusakan oksidatif dan menjaga kesehatannya. Ini dapat meningkatkan kemampuan mengingat dan fokus.

9. Mencegah infeksi saluran kemih

Blueberry memiliki kandungan yang mirip dengan cranberry, yang dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh bakteri.

10. Meredakan kerusakan otot

Blueberry dapat membantu meredakan kerusakan otot setelah latihan yang berat. Ini dapat membantu pemulihan otot setelah aktivitas fisik intensif.

Demikianlah pembahasan tentang minuman jus buah Blueberry yang jarang diketahui. Semoga dengan adanya ulasannya ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Posting Komentar

0 Komentar