9 Manfaat Jus Markisa Untuk Kesehatan Ibu Hamil

 


Seperti yang telah kita ketahui, bahwa buah memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh. Salah satunya buah yang kayak akan vitamin dan mudah untuk kita temukan di mana saja adalah buah markisa

Markisa, juga dikenal sebagai buah passionfruit, adalah buah tropis yang memiliki kulit luar yang tebal dan berduri dengan biji-biji yang berisi daging buah berair dan diketahui memiliki banyak manfaat, terutama karena kandungan vitamin yang tinggi di dalamnya. Dan untuk cara membuat jus markisa juga sangat mudah dilakukan di dalam rumah.

Selain itu buah markisa juga digunakan dalam berbagai olahan makanan dan minuman, seperti jus, selai, dan kue-kue. Kamu bisa melihat resep jus markisa di ulasan sebelumnya.

Adapun kandungan yang ada di dalam jus sirsak adalah:

Vitamin C

Vitamin A

Vitamin B kompleks

Vitamin K

Serat

Kalium

Antioksidan

Selain beragam nutrisi yang telah disebutkan sebelumnya, jus sirsak juga mengandung nutrisi lain seperti magnesium, fosfor, tembaga, zat besi, riboflavin, niacin, dan thiamin.

Dalam ulasan ini, kami menyampaikan beberapa manfaat jus markisa yang mungkin belum diketahui. Karena dengan mengonsumsi jus markisa secara rutin, ada beberapa manfaat jus markisa yang bisa didapatkan. Daripada menunggu lama, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Khasiat jus markisa adalah dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jus markisa untuk ibu hamil, karena kandungan dalam vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan mencegah terjadinya infeksi atau penyakit selama masa kehamilan.

Selain itu jus markisa juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas dalam tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Perlu kita ketahui bahwa jus markisa untuk ibu hamil. Karena, kandungan kalium dalam jus ini  dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan cara mengurangi tekanan darah. 

Sehingga kandungan ibu hamil dapat terjaga dengan baik sampai melahirkan. Selain itu, jus markisa juga kaya akan serat yang baik untuk menjaga kesehatan kardiovaskular.

3. Menjaga kesehatan janin

Jus markisa mengandung asam folat yang penting untuk perkembangan janin. Asupan asam folat yang cukup dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin dan mencegah risiko kelahiran prematur.

4. Menurunkan Risiko Diabetes

Jus markisa diketahui dapat membantu menurunkan risiko diabetes karena kandungan seratnya yang tinggi. Serat dalam jus markisa dapat membantu mengurangi penyerapan gula darah dalam tubuh dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Selain itu, manfaat jus markisa dapat membantu mengurangi peradangan dan kerusakan sel-sel yang terkait dengan diabetes, karena mengandung antioksidan. Dengan mengonsumsi jus markisa secara teratur, dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Namun, sebaiknya konsumsi jus markisa tetap diimbangi dengan gaya hidup sehat dan diet yang seimbang untuk mengurangi risiko terkena diabetes

5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Jus markisa juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan bagi ibu hamil karena kandungan seratnya yang tinggi. Serat dalam jus markisa dapat membantu mengatasi sembelit atau gangguan pencernaan lainnya yang sering dialami oleh ibu hamil.

Selain itu, jus markisa juga mengandung enzim proteolitik yang dapat membantu memecah protein dalam makanan dan memperbaiki proses pencernaan pada ibu hamil. Dengan mengonsumsi jus markisa secara teratur, dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah terjadinya gangguan pencernaan yang dapat mengganggu kesehatan ibu dan janin.

Namun, sebaiknya konsumsi jus markisa dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan, serta selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi jus markisa sebagai bagian dari diet selama kehamilan

6. Menjaga Kesehatan Mata

Jus markisa diketahui dapat membantu menjaga kesehatan mata karena kandungan vitamin C dan antioksidannya yang tinggi. Vitamin C dalam jus markisa dapat membantu memperkuat pembuluh darah di mata dan mencegah terjadinya degenerasi makula atau katarak pada mata.

Karena, antioksidan dalam jus markisa juga dapat membantu melindungi sel-sel mata dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar ultraviolet yang berbahaya. Karena mengonsumsi jus markisa secara teratur, dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya gangguan mata yang dapat mengganggu kualitas hidup.

Namun, sebaiknya konsumsi jus markisa dalam jumlah yang seimbang dan tidak berlebihan, serta tetap menjaga kesehatan mata dengan menghindari paparan sinar ultraviolet yang berlebihan.

7. Meningkatkan kesehatan kulit

Jus markisa diketahui dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit karena kandungan vitamin C dan antioksidannya yang tinggi. Vitamin C dalam jus markisa dapat membantu merangsang produksi kolagen, yaitu protein yang penting untuk menjaga kekuatan dan kelembutan kulit.

Karena, antioksidan dalam jus markisa juga dapat membantu melawan radikal bebas yang merusak sel-sel kulit, sehingga kulit terlihat lebih sehat dan cerah. Selain itu, kandungan vitamin A dalam jus markisa juga dapat membantu mengatasi jerawat dan merawat kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari.

8. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium, fosfor, dan magnesium dalam jus markisa dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Sehingga tulang kita tetap sehat dan tidak merasakan sakit sendi dan tulang.

9. Meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan

Kandungan vitamin C dan vitamin B kompleks dalam jus markisa dapat membantu meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan. Sebab ibu hamil sangat rentan mudah lelah. Sehingga jus markisa sangat cocok untuk dikonsumsi para ibu hamil.

Itulah penjelasan manfaat jus markisa untuk ibu hamil. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan terhindar dari penyakit.Jadi tunggu apalagi, silakan coba saja meminum jus mangga segera ya!

 

 

Posting Komentar

0 Komentar