Jus Untuk Menurunkan Tensi


Buah dan sayuran merupakan hasil alam yang memiliki banyak fungsinya bagi tubuh kita. selain untuk mempernikmat makanan, ternyata buah dan sayur juga bisa dijadikan jus untuk menurunkan tensi.

Pengertian Tensi ( Darah Tinggi )

Tekanan darah adalah ukuran kekuatan yang digunakan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Artinya, tekanan darah berkaitan erat dengan kondisi kesehatan jantung Anda, sehingga ketika Anda mengecek kesehatan tubuh, tekanan darah Anda juga akan diukur.

Menurut klasifikasi dari American Heart Association, tekanan darah yang normal pada seseorang berkisar di bawah angka 120/80 mm Hg.

Angka 120 menunjukkan tingkat tekanan saat jantung sedang memompa darah. Jantung memompa darah untuk dialirkan ke seluruh bagian tubuh. Angka 120, atau angka atas tekanan darah disebut sebagai angka sistolik.

Sedangkan pada angka 80, atau angka bawah tekanan darah, itu disebut sebagai angka diastolik. Arti angka ini adalah jantung sedang istirahat sebentar untuk memompa darah.

Tekanan darah tinggi tergolong kondisi yang serius, apalagi jika tidak terkontrol. Ada banyak risiko penyakit berbahaya yang mengintai. Serangan jantung, stroke, gangguan ginjal hingga disfungsi seksual komplikasi yang bisa terjadi akibat tekanan darah tinggi.

Untuk menghindari penyakit tersebut ada baiknya melakukan pencegahan, karena pencegahan lebih baik daripada mengobati.


Buah Dan Sayur Baik Dijadikan Jus Untuk Menurunkan Tensi.

Biasanya para penderita tekanan darah tinggi mengonsumsi obat dari dokter untuk menurunkan tensi.  Opsi lainnya, Anda bisa mengonsumsi jus untuk menurunkan tensi. Buah dan sayur ini jadi solusi untuk Anda yang enggan minum obat dari dokter.  Perlu Anda tahu, ada cukup banyak buah dan sayur yang memiliki khasiat yang bisa di jus untuk menurunkan tensi .  Selain bisa menurunkan tekanan darah tinggi, jus buah juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan Anda. Berikut jus buah dan sayur yang efektif menurunkan tensi (tekanan darah tinggi) Anda.

 

Nama Buah Dan Sayuran Yang Bisa Dijadikan Jus Untuk Menuruntkan Tensi

Berikut jus buah dan sayur yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi Anda.

1. Jus Kiwi 

Kiwi salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Buah kiwi mengandung zat besi, asam folat, kalsium, vitamin C, serat, dan antioksidan.  Kandungan tersebut dipercaya mampu memperlambat laju penyerapan glukosa di dalam tubuh.  Alih-alih dikonsumsi secara langsung, Anda bisa mengonsumsi kiwi dengan diolah menjadi jus.  

Jus kiwi tidak hanya bermanfaat untuk terapi mengobati diabetes melitus tapi juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi.  Berikut bahan dan cara membuat jus kiwi yang bermanfaat sebagai obat diabetes melitus dan tekanan darah tinggi,  Bahan  Kiwi 75 gram  Air matang 125 ml  Cara membuat  Anda cuci dan kupas kiwi. Setelah itu Anda masukkan kiwi dan air ke dalam blender.  Setelah tercampur dan halus, Anda minum jus kiwi dengan segera.   Anda bisa memilih salah satu dari 10 jus buah dan sayur di atas untum dikonsumsi secara rutin.

2. Jus Belimbing 

Buah belimbing memiliki rasa yang manis dan mengandung cukup banyak air. Umumnya, buah belimbing dimanfaatkan sebagai bahan membat rujak. Mengutip dari buku berjudul 9 Buah & Sayur Sakti Tangkal Penyakit karya Agus Suwanto, buah belimbing kaya akan vitamin A dan vitamin C yang berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.  

Selain itu, belimbing juga mengandung kalium tinggi dan rendah natrium. Mengandung kalium membuat belimbing bermanfaat sebagai buah penurun tekanan darah tinggi.  Berikut bahan dan cara membuat jus belimbing untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang dikutip dari buku berjudul 202 Jus Buah dan Sayuran.  Bahan  Belimbing 100 gram  Air jeruk nipis 3 sendok makan  Air 1/2 gelas  Es serut halus 3/4 gelas  Anda cuci buah belimbing lalu potong kecil-kecil. Anda masukkan semua bahan ke dalam blender lalu haluskan. Anda minum jus belimbing segera saat masih dingin. 

3.  Jus Mengkudu 

Mengutip dari buku Atlas Tumbuhan Obat Indonesia karya Setiawan Dalimartha, buah mengkudu mengandung banyak senyawa aktif diantaranya alkaloid, polysaccharide, coumarin, linoleic, dan sterol.  Selain itu, buah mengkudu juga kaya akan vitamin C, vitamin A, dan karoten.  Buah mengkudu bersifat astringen, menghilangkap lembab, meningkatkan kekuatan tulang, peluruh kencing, peluruh haid, pembersih darah. Tidak hanya itu, buah mengkudu juga bersifat antikanker, pereda batuk, pereda demamm antiradang, antibakteri, pencahar, dan antiseptik. Mengutip dari situs resmi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian, buah mengkudu mengandung zat skopoletin yang berfungsi mengatur tekanan darah.  Membuat jus mengkudu untuk obat tekanan darah tinggi cukup mudah. Mengutip dari buku berjudul Bebas Hipertensi Dengan Jus, berikut bahan dan cara membuat jus mengkudu.  Bahan  Mengkudu matang (cukup tua) 1 buah  Anda cuci buah mengkudu sampai bersih lalu blender sampai halus. Anda saring jus buah mengkudu tersebut lalu minum dengan segera. 

4. Jus Paprika Apel 

Mengutip dari buku berjudul Bebas Hipertensi Dengan Jus, jus tomat dengan bawang putih ampuh menurunkan tekanan darah tinggi dan kelebihan berat badan. Sekedar info, bawang putih mengandung kalium yang berperan mengontrol tekanan darah dalam tubuh.  

Tidak hanya efektif menurunkan tekanan darah, bawang putih jugabisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan baik untuk kesehatan jantung.   Anda bisa membuat sendiri jus pereda tekanan darah tinggi ini di rumah, berikut panduannya.  Bahan  Bawang putih 2 siung  Tomat 2 buah (ukuran sedang) Kismis 1 sendok makan  Air matang 1/2 gelas  Anda blender bawang putih, tomat, kismis, dan air sampai halus. Setelah semuanya tercampur, Anda bisa segera meminumnya sampai habis.

5. Jus Sawi Putih Dan Wortel

Melansir dari Medical News Today, sawi putih mengandung kalium yang berperan untuk menurunkan tekanan darah.  Mengutip dari buku berjudul Terapi Jus Untuk Rematik & Asam Urat, sawi putih juga kaya akan serat serta mengandung provitamin A, vitamin B, dan C.  Sawi putih cukup mudah ditemukan di pasar tradisional dan pasar modern. Harga sawi putih pun terbilang cukup murah. 

Berdasarkan buku berjudul Jus Buah & Sayuran, Anda bisa mengonsumsi sawi putih dengan cara dibuat jus. Anda pun bisa menambahkan sejumlah bahan lainnya untuk mempercepat penurunan tekanan darah.  Berikut resep jus sawi putih untuk para penderita darah tinggi  Sawi putih 100 gram  Seledri batang besar 100 gram  Wortel 300 gram  Air matang 1 gelas  Anda cuci semua bahan sampai bersih. Anda masukkan wortel ke dalam juice extractor dan ambil sarinya.  Anda blender sawi putih, seledri, dan air. Setelah itu Anda campurkan sari wortel dan jus sawi.  

6. Jus Pisang 

Mengutip dari buku berjudul Bebas Hipertensi dengan Jus, pisang baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Sebab, pisang mengandung kalium yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah.  Selain itu, kalium dala pisang berfungsi untuk menjaga keseimbangan air di dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung, membantu mengedarkan oksigen ke otak.  Untuk merasakan manfaat pisang sebagai penurun darah tinggi, Anda cukup membuat jus pisang yang ditambahkan dengan beberapa bahan lainnya.  Berikut resep membuat jus pisang untuk obat tekanan darah tinggi  Pisang oli 1 buah atau 100 gram  Jeruk nipsi 1/2 buah  Kismis 1 sendok mankan  Air 1/2 gelas Anda campurkan semua bahan lalu blender hingga halus. Anda minum jus pisang tersebut dengan segera. 

7. Jus Labu Siam Dan Mentimun

Labu siam dan mentimun dikenal sebagai sayuran yang banyak diolah menjadi lalap makanan.  Melansir dari buku berjudul Tanaman Obat & Jus Untuk Mengatasi Penyakit Jantung, Hipertensi, Kolesterol, dan Stroke karya Ir. Lukas Tersono Adi, labu siam mengandung saponin, alkaloid, dan tanin. Alih-alih dikonsumsi secara langsung, Anda bisa mengolah labu siam  menjadi jus yang lezat dan segar.  

Berikut resep membuat jus labu siam yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi dikutip dari buku berjudul 260 Resep Jus Buah dan Sayur karya Shachi D.Kim Bahan  Mentimun 100 gram  Labu siam 150 gram  Air jeruk nipis 2 sendok makan  Madu 2 sendok makan  Air putih secukupnya Es serut secukupnya  Cara membuat Anda cuci mentimun dan labu siam sampai bersih. Kemudian, Anda kupas mentimun dan buang bijinya. Lalu, Anda kupas dan potong kecil-kecil labu siam.  Anda masukkan semua bahan ke dalam blender. Anda blender semua bahan sampai halus. Terakhir, Anda masukkan es serut untuk membuat jus labu siam dengan mentimun menjadi lebih segar.  Anda sebaiknya minum jus labu siam dengan mentimun ini secara langsung.

8. Jus Buncis 

Melansir dari buku berjudul Terapi Herbal Berdasarkan Golongan Darah, karya Ir. Lukas Tersono Adi buncis mengandung serat, magnesium, fosfor, zet besi, vitamin A dan C.  Untuk merasakan manfaatnya Anda rebus 50 gram buncis dengan 400 ml air sampai mendidih dan menyisahkan air sekitar 200 ml.  Setelah itu Anda blender buncis dengan air secukupnya. Anda tambahkan satu sendok teh madu sesaat sebelum minum jus buncis.  Anda minum jus buncis dua kali sehari secara rutin. 

9. Jus Nanas 

Buah nanas bukanlah buah sembarang buah. Nanas memilik banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.  Tidak hanya itu, nanas pun juga bisa jadi obat herbal penyakit diabetes melitus dan tekanan darah tinggi.  Mengutip buku Miracle Juices Penumpas Diabetes dan Hipertensi, karya Desty Ervira P,S,Gz,MPH dalam buah nanas terdapat bromelin yang berperan sebagai pencegah komplikasi diabetes.  Melansir dari Healthline, nanas kaya akan serat, mineral, dan rendah gula sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.  

Tidak hanya itu, nanas juga mengandung kalium yang berperan mengontrol tekanan darah dalam tubuh.  Alih-alih dikonsumsi secara langsung, Anda bisa mengola nanas menjadi jus yang segar dan lezat.  Berikut resep jus nanas yang efektif menumpas penyakit diabetes melitus dan tekanan darah tinggi.  Bahan  Nanas matang  75 gram  Air matang  100 ml  Cara membuat  Anda cuci daging nanas dan potong kecil-kecil. Setelah itu, Anda masukkan daging nanas dan air di dalam blender.  Anda minum jus nanas dengan segera. Anda bisa menambahkan sedikit es ke dalam jus nanas agar rasanya lebih segar. 

10.  Jus Apel Dengan Wortel 

Mengutip dari buku berjudul Bebas Hipertensi dengan Jus, jus apel wortel dipercaya efektif menurunkan tekanan darah tinggi.  Hal ini disebabkan apel mengandung kalium, fosfor, dan magnesium. Sekedar info, kalium merupakan zat yang bertugas mengendalikan tekanan darah dan menjaga keseimbangan cairan tubuh.  Selain itu, apel juga kaya akan serat dan rendah lemak. Hal ini membuat apel baik untuk menurunkan kolesterol dan melancarkan pencernaan.  Cara membuat jus apel wortel untuk obat tekanan darah tinggi cukup mudah, simak bahan dan aturan minumnya di bawahnya.  Bahan  Apel merah 79 gram atau 1/2 buah ukuran sedang  Jeruk nipis 1/2 buah  Belimbing wuluh 4 buah  Wortel 50 gram  Air 100 ml  Anda cuci semua bahan-bahan di atas lalu masukkan ke dalam blender. Anda haluskan semua bahan tersebut lalu minum segera. 


Demikian  jus buah dan sayuran untuk menurunkan tensi ( darah tinggi) yang bisa sahabat konsumsi. Tunggu apalagi mari kita mengkonsumsi jus untuk menurunkan tensi dan kolesterol setelah selesai melahap makanan berprotein tinggi.

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Minuman Sehat yang dapat Melancarkan Aliran Darah

Manfaaat Jus Delima dan Cara Membuatnya

Menyehatkan, Ini Cara Membuat Jamu Kunyit Asam